Tak Hanya Sinar Matahari, 6 Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Sumber Vitamin D

Senin 22-07-2024,15:58 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Selain sinar matahari pagi, terdapat beberapa makanan sumber vitamin D yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebtuuhan vitamin D harianmu. 

BACA JUGA:Hati-hati! 5 Efek Samping Ini Siap Intai Tubuhmu Jika Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin D

Memenuhi kebutuhan vitamin D penting untuk dilakukan lantaran vitamin yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh temasuk dalam menigkatkan sistem imun tubuh. 

Vitamin D sendiri merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan bisa disimpan di dalam tubuh untuk waktu yang lama. 

BACA JUGA:Jangan Asal Konsumsi! Ini Dosis dan Aturan Pakai Vitamin D yang Tepat untuk Maksimalkan Manfaatnya

Vitamin D ini dapat terbentuk secara alami saat kulit terpapar oleh sinar matahari secara langsung sehingga banyak orang yang menyarankan untuk berjemur di pagi hari agar memperoleh vitamin ini. 

Saat kulit terpapar oleh sinar matahari, maka kondisi ini akan memicu sintesis vitamin D dimana hati dan ginjal akan mengubahnya menjadi vitamin D yang dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih optimal. 

BACA JUGA:Bumil Wajib Tahu! Asupan Vitamin D Bagi Ibu Hamil Bisa Tekan Resiko Preeklamsia, Cek Manfaat Lainnya

Selain melalui sinar matahari, vitamin D ini dapat diperoleh melalui konsumsi suplemen vitamin D atau melalui makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. 

Salah satu cara yang mudah untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D secara rutin. 

BACA JUGA:7 Manfaat Vitamin D Ini Bisa Bikin Kamu Ketagihan Berjemur di Pagi Hari, Apa Saja?

Lantas apa saja makanan sumber vitamin D yang bisa kamu konsumsi? Berikut telah BEYV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel berikut. 

Makanan Sumber Vitamin D

1. Ikan Salmon

Makanan sumber vitamin D yang pertama adalah ikan salmon. Ikan ini memang dikenal sebagai ikan yang memiliki banyak sekali nutrisi di dalamnya sehingga baik untuk dikonsumsi. 

Kategori :