APBD Provinsi Bengkulu Tersedot Rp173,4 Miliar untuk Pelaksanaan Pilkada 2024

Selasa 06-08-2024,17:03 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mengalokasikan anggaran sebesar Rp173,4 miliar dari APBD untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Dana tersebut akan digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari penyelenggaraan tahapan pemilihan, pengamanan, hingga sosialisasi kepada masyarakat.

Dengan rincian KPU Provinsi Bengkulu menerima dana hibah Pilkada tahun 2024 sebesar Rp110 Miliar, Bawaslu Provinsi Bengkulu menerima Rp50,6 miliar. 

BACA JUGA:Maling Kepergok Pemilik Rumah di Kelurahan Pagar Dewa Berhasil Diringkus Polisi

Kemudian untuk pengamanan, Polda Bengkulu menerima sebesar Rp10 miliar, Korem 041 Garuda Emas Rp2 miliar, Lanal Bengkulu Rp500 juta, dan Den POM II/1 Bengkulu Rp300 juta. 

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengakui tahun 2024 ini memang APBD lebih besar dialokasikan untuk pelaksanaan Pilkada. 

Namun tahun depan APBD Provinsi Bengkulu kembali normal sehingga bisa dialokasikan penuh untuk Pembangunan daerah.

BACA JUGA:Begini Ketentuan Caleg Terpilih Maju Pilkada Menurut PKPU Nomor 8 Tahun 2024

"Tahun 2025 anggaran kita akan kembali normal. Yang tadinya ter-alokasi cukup besar untuk pemilukada. Tahun depan bisa dialokasikan untuk pembangunan, kegiatan juga bisa lebih baik," sampai Rohidin.

Sementara itu, pengamat kebijakan publik Bengkulu, Sony Taurus mengatakan,  pelaksanaan Pilkada yang berkualitas sangat bergantung pada pengelolaan anggaran yang transparan dan efektif. 

BACA JUGA:Bulog Bengkulu Utara Mulai Salurkan Bantuan Pangan Tahap III, Sasar 360.068 KPM

"Kita berharap bahwa anggaran yang besar ini dapat digunakan secara optimal untuk memastikan proses Pilkada berjalan dengan lancar, adil, dan menghasilkan pemimpin yang amanah," ujar Sony.

Selain itu, Sony juga menekankan pentingnya pemantauan dan evaluasi berkelanjutan selama proses Pilkada untuk memastikan bahwa semua pihak terlibat dalam pelaksanaan dengan integritas yang tinggi. 

BACA JUGA:Pemkab Seluma Bagikan Bantuan kepada Ratusan Anak Yatim, Fakir Miskin, dan Penderita Thalasemia

"Anggaran yang besar ini diharapkan dapat mendukung terwujudnya pemilihan yang tidak hanya berkualitas tetapi juga mencerminkan kehendak rakyat Bengkulu secara akurat," terang Sony yang merupakan Sekretaris Puskaki Bengkulu.

Kategori :