120 Plat Besi Penutup Trotoar di Kota Bengkulu Hilang, Dewan Sebut Pemasangan CCTV Jadi Solusi

Senin 12-08-2024,20:25 WIB
Reporter : Robi Jalu
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Anggota DPRD Kota Bengkulu sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain memberi atensi dan ikut angkat bicara terkait 120 plat besi penutup drainase trotoar di Jalan Kapuas hingga Asahan, Kota Bengkulu hilang dalam beberapa waktu terakhir.

Menurut Teuku, solusi untuk mengatasi kejadian kriminal pencurian dari bagian fasilitas umum (Fasum) di Kota Bengkulu adalah dengan melakukan banyak pemasangan unit Closed-Circuit Television (CCTV) di setiap sudut kota Bengkulu.

BACA JUGA:Pengamat: Nasib Cakada Partai Golkar di Bengkulu Usai Airlangga Hartarto Mundur

"CCTV ini bisa terhubung dengan pihak kepolisian, sehingga dengan cepat bisa ditindak jika ada aksi kriminal Pemkot sudah menyediakan anggaran namun karena keterbatasan anggaran, tidak sepenuhnya terlaksana hanya di beberapa titik saja," kata Teuku Zulkarnain, Senin 12 Agustus 2024.

Anggota DPRD Provinsi terpilih ini juga mencontohkan keadaan di kawasan atau lingkungan rumahnya sebelum dan sesudah ada pemasangan unit CCTV.

BACA JUGA:Peringati Harganas ke-31, BKKBN Provinsi Bengkulu Gelar Bhaksos Pelayanan KB

"Sebelum ada CCTV hampir setiap hari ada kasus kriminal pencurian di sekitar lingkungan rumah saya, setelah ada pemasangan CCTV paling setahun sekali atau bahkan hampir tidak ada. Bayangkan penurunannya jauh sekali, inikan masalah kesempatan berbuat kejahatan, setelah kesempatan itu ditutup maka, pasti akan berkurang tingkat kriminalitas," tambahnya.

BACA JUGA:4 Masakan Ini Lezat dan Bikin Nagih, Cobain Resep Sayur Sop Ceker Ayam

Lanjut Teuku, untuk penganggaran pemasangan CCTV dari Pemkot bersama DPRD Kota Bengkulu sudah pernah dilakukan namun karena keterbatasan angkara hanya cukup di beberapa titik saja.

BACA JUGA:Asah Kecerdasan Siswa, Dikbud Lebong Gelar Lomba Cerdas Cermat

Oleh sebab itu, anggota dewan akan melanjutkan untuk pengadaan dan pemasangan CCTV di tahun-tahun berikutnya.

"Anggota dewan yang melanjutkan, hal ini harus menjadi perhatian. Kalau tidak mampu untuk seluruh sudut kota minimal di Jalan-jalan Protokol harus dipasang CCTV, karena tenaga manusia untuk melakukan pengawasan tersedia 24 jam, jalan satu satunya dengan menggunakan teknologi," pungkasnya.

(Jalu) 

Kategori :