Jangan Sampai Kejadian! Cegah Prediabetes Jadi Diabetes dengan 7 Cara Mudah Ini

Kamis 05-09-2024,15:07 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Selain hal di atas, menjaga berat badan agar tetap berada dalam rentang yang sehat juga merupakan salah satu kunci dalam pencegahan diabetes. 

Hal ini lantaran kelebihan berat badan di dalam tubuh terutama pada lemak perut, dapat mempengaruhi cara tubuh menggunakan insulin dan meningkatkan risiko prediabetes. 

Dengan mengatur pola makan dan meningkatkan aktivitas fisik, maka kamu dapat mencapai dan mempertahankan berat badan ideal mereka, yang pada gilirannya membantu mengelola kadar gula darah.

BACA JUGA:8 Minuman Sehat Pembersih Usus, Bikin BAB Lancar

BACA JUGA:Pelamar CPNS 2024 Pemprov Bengkulu: 799 Memenuhi Syarat, 149 Tidak Memenuhi Syarat

4. Mengelola Stres

Stres kronis juga dapat memengaruhi kadar gula darah dan fungsi insulin sehingga penting untuk mengelola stres untuk mencegah perkembangan prediabetes menjadi diabetes. 

Kamu bisa mengelola stres melalui teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan dapat membantu mengurangi dampak stres pada tubuh. 

Selain itu, menjaga keseimbangan mental dan emosional juga berperan penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mencegah perkembangan prediabetes menjadi diabetes.

BACA JUGA:Tidak Hanya Baik untuk Perawatan Kulit, Ini Manfaat Lain Mandi Pakai Air Garam

BACA JUGA:3 Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Kunyit, Nomor 1 Paling Manjur, Coba Sekarang

5. Berhenti Merokok


--(Sumber : iStockPhoto)

Merokok dapat meningkatkan risiko berbagai kondisi kesehatan, termasuk diabetes tipe 2 sehingga kamu perlu menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini. 

Pasalnya, zat kimia yang ada di dalam rokok dapat memengaruhi metabolisme dan meningkatkan peradangan dalam tubuh, yang dapat memperburuk resistensi insulin. 

Oleh sebab itu, berhenti merokok adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko prediabetes.

Kategori :