Jangan Bingung Lagi, Ini 5 Perbedaan Glukosa dan Fruktosa yang Perlu Kamu Ketahui

Jumat 06-09-2024,14:42 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Perbedaan antara glukosa dan fruktosa saat ini menjadi perhatian banyak orang karena banyak orang mulai memperhatikan asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. 

BACA JUGA:Pengendara Motor Tewas di Tempat, Tabrak Tembok di Jalan Sukamerindu

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Begini Cara Mengolah Kulit Jeruk Menjadi 5 Produk Bermanfaat

Dalam dunia gizi dan kesehatan sendiri, gukosa dan fruktosa merupakan dua jenis gula yang cukup sering dibahas. 

Kedua jenis gula ini hadir dalam berbagai makanan yang kita konsumsi sehari-hari, namun cara tubuh kita memprosesnya sangat berbeda. 

Glukosa yang dikenal sebagai salah satu sumber energi utama bagi tubuh, seringkalo ditemukan dalam makanan karbohidrat seperti roti dan pasta serta berbagai jenis makanan lainnya. 

BACA JUGA:Pelamar CPNS Diberikan Kesempatan Pakai Materai Tempel, Begini Penjelasan BKN

BACA JUGA:Daftar CPNS Boleh Pakai Materai Tempel, Kantor Pos Bintuhan Pastikan Stok Aman

Sementara itu fruktosa adalah gula yang biasanya ditemukan dalam buah-buahan dan pemanis alami dan juga memainkan peran penting tetapi dengan cara yang berbeda.

Glukosa sendiri merupakan jenis gula sederhana yang langsung diserap ke dalam aliran darah dan digunakan oleh tubuh sebagai energi. 

Kadar gula darah ini dapat meningkat dengan cepat setelah konsumsi makanan yang mengandung glukosa sehingga penting untuk mengatur konsumsi gula ini terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti diabetes. 

BACA JUGA:Daging Ayam Punya Protein Tinggi, Ini 7 Manfaat yang Sayang Dilewatkan, Aman untuk Dikonsumsi

BACA JUGA:M. Akshal Reyvanza dari Klub Sepeda Cybro Wakili Bengkulu di PON Aceh-Sumut 2024

Glukosa merupakan komponen utama dari banyak makanan olahan dan karbohidrat kompleks yang kita konsumsi dalam makanan sehari-hari. 

Sementara itu, fruktosa sering kali dikaitkan dengan buah-buahan dan pemanis alami seperti madu. Fruktosa ini memberikan rasa manis yang lebih intens dibandingkan dengan glukosa dan diproses secara berbeda oleh tubuh. 

Kategori :