Terima Audiensi FKUB, Gubernur Rohidin Pesan Jaga Toleransi Beragama Jelang Pilkada 2024

Sabtu 07-09-2024,13:03 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Gubernur Rohidin Mersyah saat menerima audensi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bengkulu menyampaikan pesan agar menjaga toleransi beragama menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 nanti.

Gubernur Rohidin juga mengatakan, di tengah perkembangan teknologi informasi saat ini, FKUB Provinsi Bengkulu untuk meningkatkan eksistensinya dalam memberdayakan masyarakat dan memelihara kerukunan umat beragama.

BACA JUGA:Mahasantri Ma'had Al-Jami'ah UINFAS Bengkulu Ukir Prestasi Tingkat Nasional MUNAS XI di UINSS Cirebon

"Yang paling penting adalah bagaimana FKUB Provinsi Bengkulu, bersama FKUB di tingkat kabupaten/kota hingga kelurahan/desa, terus memberdayakan kerukunan antar umat beragama," jelas Gubernur Rohidin.

BACA JUGA:Gudang Bulog Bengkulu Utara Pastikan Stok Beras Aman hingga Natal dan Tahun Baru 2025

Gubernur menambahkan bahwa melalui Badan Kesbangpol dan Biro Pemkesra Setda Provinsi Bengkulu, pada anggaran APBD tahun depan, akan disiapkan dana khusus bagi FKUB Provinsi Bengkulu. Anggaran ini akan digunakan untuk kegiatan keagamaan bagi setiap agama di tingkat provinsi.

"Kami akan menyiapkan anggarannya secara proporsional pada tahun depan, untuk setiap agama melaksanakan kegiatan keagamaan. Selain itu, kami juga mendorong agar FKUB Provinsi Bengkulu memiliki agenda tahunan, seperti kegiatan jalan santai, senam bersama, atau kegiatan lainnya," tambah Gubernur Rohidin.

BACA JUGA:Kasus Kekerasan Anak di Bawah Umur, Pria di Kabupaten Kaur Diamankan Polisi

Sementara itu, Wakil Ketua I FKUB Provinsi Bengkulu, Arnof Wardi, menyampaikan bahwa selain membahas peningkatan eksistensi FKUB, pertemuan tersebut juga membicarakan pembentukan kepengurusan baru FKUB Provinsi Bengkulu.

Hal ini dikarenakan Ketua FKUB Provinsi Bengkulu, Mukhtaridi Baijuri, telah meninggal dunia, sehingga diperlukan persiapan untuk menunjuk pengurus baru.

BACA JUGA:Senator Eni Khairani Dukung Sosok Perempuan di Pilgub Bengkulu 2024, Ini Alasannya

"Saat ini kami berada dalam masa kepengurusan transisi. Kami telah menyampaikan hasil musyawarah dan rekomendasi dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu kepada Pak Gubernur. Selanjutnya akan ditelaah dan kemudian akan diterbitkan SK penunjukannya," ungkapnya.

(Ilham)

Kategori :