Sering Dijadikan Camilan, Ternyata Begini Cara Pembuatan Kismis, Yuk Simak!

Senin 09-09-2024,16:11 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah pengeringan dengan menggunakan beberapa metode pengeringan yang dapat digunakan untuk membuat kismis. 

Masing-masing metode ini memiliki  kelebihan dan kekurangan tersendiri. Adapun beberapa metode yang biasanya digunakan adalah sebagai berikut :

  • Pengeringan Sinar Matahari: Tempatkan anggur di atas rak atau nampan yang bersih dan biarkan di bawah sinar matahari langsung. Pastikan anggur tersebar merata dan tidak saling menempel agar proses pengeringan berjalan efisien. Proses ini dapat memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada intensitas matahari dan kelembapan udara. Pastikan untuk membalik anggur secara berkala untuk memastikan pengeringan yang merata.

BACA JUGA:Antisipasi Penularan Cacar Monyet, RSHD Kota Bengkulu Siapkan 22 Ruang Isolasi

BACA JUGA:Ini 5 Rekomendasi Vitamin Mata Terbaik untuk Jaga Ketajaman Penglihatan, Salah Satunya Cervical Lutein

  • Pengeringan Oven: Untuk proses yang lebih cepat, gunakan oven. Atur oven pada suhu rendah, sekitar 50-60°C (120-140°F), dan letakkan anggur di atas rak oven atau loyang. Biarkan anggur mengering di dalam oven selama 6-12 jam, tergantung pada ukuran dan kelembapan anggur. Periksa secara berkala untuk mencegah pembakaran dan pastikan anggur kering secara merata.
  • Pengeringan Mekanis: Jika memiliki pengering makanan (dehydrator), ini adalah metode yang sangat efektif. Atur pengering pada suhu sekitar 50-60°C (120-140°F) dan letakkan anggur di rak pengering. Proses ini biasanya memakan waktu 8-12 jam. Pengering makanan memastikan pengeringan yang merata dan efisien.

BACA JUGA:Kuku Kering Selama Hamil Termasuk Ciri-ciri Anemia, Cek Gejala Lainnya di Sini

BACA JUGA:Korupsi Retribusi TKA Bengkulu Tengah, Mantan Pejabat Disnakertrans Dituntut 6 Tahun Penjara

4. Penyimpanan

Setelah anggur mengering menjadi kismis, simpan kismis dalam wadah kedap udara. 

Cobalah untuk menggunakan wadah kaca atau plastik yang tertutup rapat sebagai pilihan yang baik untuk menjaga kesegaran kismis. 

Simpan kismis di tempat yang sejuk, kering, dan gelap untuk memperpanjang umur simpannya. Kismis yang disimpan dengan benar dapat bertahan selama beberapa bulan hingga satu tahun.

BACA JUGA:Lakukan dari Sekarang! Ini 7 Cara Jaga Kesehatan Mata, Cukupi Hidrasi Tubuh

BACA JUGA:Ini 7 Cara Jaga Kesehatan Mata Anak, Perhatikan Asupan Gizi Mereka ya Bunda!

5. Tips dan Trik Saat Membuat Kismis


--(Sumber : iStockPhoto)

Beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan saat membuat kismis ini adalah sebagai berikut:

  • Pilih Anggur Berkualitas: Untuk hasil terbaik, pastikan anggur yang digunakan segar dan matang. Anggur yang terlalu matang atau cacat dapat mempengaruhi kualitas kismis.
  • Gunakan Rak yang Bersih: Saat mengeringkan anggur, pastikan rak atau nampan yang digunakan bersih untuk menghindari kontaminasi.
  • Periksa Kelembapan: Kismis yang kering dengan baik akan memiliki tekstur kenyal dan tidak lembek. Pastikan kismis benar-benar kering sebelum menyimpannya untuk mencegah pertumbuhan jamur.

BACA JUGA:Tokoh Masyarakat Bengkulu Nyatakan Dukungan untuk DISUKA di Pilwakot 2024

Kategori :