Menyingkap Perbedaan Susu Ikan dan Susu Sapi, Mana yang Lebih Baik?

Sabtu 14-09-2024,16:21 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Perbedaan susu ikan dan susu sapi menjadi hal yang menarik untuk dibahas lantaran banyak orang tidak begitu familiar dengan salah satu jenisnya. 

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Sukses Naikkan Indeks Pembangunan Kebudayaan Bengkulu, Raih Posisi Ketiga se-Indonesia

BACA JUGA:6 Manfaat Mengonsumsi Asparagus Bagi Ibu Hamil, Kaya Akan Kandungan Nutrisi Penting

Susu ikan dan susu sapi adalah dua jenis produk susu yang berasal dari sumber yang sangat berbeda dan memiliki karakteristik nutrisi yang unik. 

Susu sapi telah lama menjadi bagian konsumsi sehari-hari banyak orang di berbagai belahan dunia, sementara susu ikan merupakan produk yang lebih baru dalam hal popularitas dan penggunaan. 

Keduanya menawarkan manfaat kesehatan yang berbeda sehingga memahami perbedaan antara keduanya dapat membantu dalam memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi individu.

BACA JUGA:Tidak Baik Mengonsumsi Asparagus Secara Berlebihan, Ini 7 Dampak Buruk yang Bisa di Rasakan Tubuh

BACA JUGA:Sayur Asparagus Bagus Dikonsumsi Anak-anak, Ini 5 Ragam Manfaat yang Bisa Didapatkan oleh Tubuh

Tidak seperti susu sapi yang terbuat diperoleh dari hewan mamalia sapi, susu ikan merupakan hasil dari ekstraksi komponen nutrisi dari ikan, seperti salmon, sarden, atau makarel. 

Produk ini dirancang untuk memanfaatkan kekayaan gizi dari ikan dan menyajikannya dalam bentuk yang lebih mudah dikonsumsi. 

Meskipun nama "susu ikan" mungkin menimbulkan kesan bahwa produk ini adalah jenis susu seperti susu sapi, namun sebenarnya susu ikan adalah ekstrak dari berbagai bagian ikan yang diolah untuk meningkatkan konsentrasi nutrisi tertentu.

BACA JUGA:KPU Umumkan 2 Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Memenuhi Syarat

BACA JUGA:Disnaker: Lulusan Perguruan Tinggi Penyumbang Angka Pengangguran di Bengkulu

Sebaliknya, susu sapi adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar susu sapi betina dan merupakan salah satu sumber protein dan kalsium paling umum dalam diet manusia. 

Proses pembuatan susu sapi melibatkan pemerah susu, pasteurisasi untuk membunuh bakteri, dan berbagai metode pengolahan untuk menghasilkan produk akhir seperti susu segar, yogurt, dan keju. 

Kategori :