Mengenal Clean Eating yang Banyak Digandrungi Penggiat Diet, Apa Itu?

Selasa 22-10-2024,13:30 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Untuk itu, clean ini memiliki prinsip-prinsip yang perlu kamu ketahui sebelum memulainya. Berikut ulasannya telah BETV rangkum dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Ini 5 Cara Gunakan Retinol untuk Pemula, Pilih Produk yang Sesuai dan Jangan Skip Sunscreen!

BACA JUGA:Penting Diketahui! Ini 8 Alasan Mengapa Penting Menjaga Kesehatan Mata Anak

Prinsip Clean Eating

1. Memilih Makanan Segar dan Utuh


--(Sumber : iStockPhoto)

Salah satu prinsip utama clean eating adalah mengonsumsi makanan yang sesegar dan sesedikit mungkin melalui proses pengolahan. 

Hal ini lantaran makanan yang segar dan utuh biasanya mengandung lebih banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat, yang sangat dibutuhkan tubuh untuk berfungsi optimal. 

Misalnya, sayur-sayuran hijau seperti bayam dan brokoli kaya akan serat dan antioksidan, sementara buah-buahan segar seperti apel, jeruk, dan berry mengandung banyak vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. 

BACA JUGA:5 Fungsi Retinol untuk Kulit Wajah, Pemula Skincare Wajib Tahu, Nih!

BACA JUGA:Zamhari Bakal Dilantik Jadi Ketua DPRD Mukomuko 2024-2029

Dengan mengonsumsi makanan utuh juga berarti seseorang dapat memperoleh manfaat gizi secara maksimal tanpa kehilangan nutrisi penting yang biasanya hilang dalam proses pengolahan makanan.

Selain sayur dan buah, pilihan lain yang masuk dalam kategori makanan utuh adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak seperti ikan, ayam tanpa kulit, serta telur. 

Makanan-makanan ini dapat memberikan asupan protein yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan sel sekaligus membantu menjaga kesehatan otot dan organ dalam.

BACA JUGA:Cukup Konsumsi Pisang Secara Rutin, Baik untuk Kesehatan Jantung, Ini Manfaat Lainnya

BACA JUGA:Romio Parnandes Pengusaha Tambang dan Kader Golkar, Maju Calon Ketua Umum BPD HIPMI Bengkulu

Kategori :