Mengenal Clean Eating yang Banyak Digandrungi Penggiat Diet, Apa Itu?

Selasa 22-10-2024,13:30 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Gula tambahan ini bukan hanya berasal dari gula pasir yang biasa kita kenal, tetapi juga terdapat dalam berbagai bentuk lain seperti sirup jagung, glukosa, fruktosa, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Ajak Masyarakat Maksimalkan Potensi dan Pengelolaan Pariwisata

BACA JUGA:Realisasi PAD dari Pajak Air Tanah di Kota Bengkulu Baru 48 Persen

Konsumsi gula tambahan yang berlebihan tentunya dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang kemudian dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2, obesitas, dan gangguan metabolik lainnya.

Dalam clean eating, mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi gula tambahan sangatlah dianjurkan. 

Sebagai gantinya, clean eating lebih fokus pada gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan, seperti fruktosa, yang lebih aman dan diserap tubuh secara lebih lambat. 

Dengan mengurangi gula tambahan, maka tubuh akan lebih mudah menjaga kadar energi yang stabil sepanjang hari serta membantu menjaga kesehatan gigi dan mengurangi risiko terkena penyakit metabolik di kemudian hari.

BACA JUGA:95.956 Unit Kendaran Manfaatkan Program Pemutihan Pajak

BACA JUGA:KPU Kota Bengkulu Temukan APK Paslon Terpasang di Tempat yang Dilarang

4. Memasak Makanan Sendiri

Salah satu cara terbaik untuk memastikan makanan yang dikonsumsi sesuai dengan prinsip clean eating adalah dengan memasak sendiri di rumah. 

Hal ini lantaran dengan memasak makanan sendiri, dapat memberi kita kontrol penuh atas bahan-bahan yang digunakan, metode memasak yang diterapkan, serta jumlah bumbu atau bahan tambahan yang dimasukkan ke dalam makanan. 

Hal ini juga merupakan cara untuk menghindari bahan-bahan tersembunyi yang sering kali ada dalam makanan restoran atau makanan kemasan, seperti lemak trans, garam berlebihan, atau gula tersembunyi.

BACA JUGA:KPU Kota Bengkulu Terima 283.740 Surat Suara Pilgub

BACA JUGA:Kulit Pisang Punya 7 Manfaat yang Baik bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Membuat Gigi Putih

Selain itu, memasak di rumah juga dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mendidik karena kita bisa bereksperimen dengan berbagai resep sehat dan bahan-bahan segar. 

Kategori :