Awas! Ini Bahaya Merokok, Kandungan Zat Hingga Dampaknya Bagi Tubuh

Awas! Ini Bahaya Merokok, Kandungan Zat Hingga Dampaknya Bagi Tubuh

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Kompas.com)

BETVNEWS - Berikut ini kandungan zat serta dampak merokok bagi tubuh, sehingga sudah jelas akan berakibat fatal pada kesehatan, hal ini juga dapat membahayakan manusia di sekitarnya.

Oleh karena itu kandungan zat pada rokok sangat berbahaya, dampaknya pada tubuh.

BACA JUGA:Awal Tahun, Tiang Listrik Ditabrak Pelajar Ini Patah Kaki

Selain itu, tidak hanya pengguna yang akan terkena dampaknya terlebih kepada siapa saja yang menghirup asapnya.

Menghisap rokok ini dapat menambah tingkat risiko masuknya penyakit dalam tubuh, seperti halnya jantung, stroke, persoalan kesuburan, dan gangguan pada paru-paru, misal PPOL serta kanker paru-paru.

BACA JUGA:Harga Rokok Resmi Naik, Siap-siap Kantong Terkuras

Dalam hal lain misalnya kamu terus saja mengkonsumsi rokok, sehingga menambahkan factor terjadi sebuah komplikasi pascaoperasi yakni hernia insisional.

Dilasir dari alodokter.com, perkiraan di Indonesia orang yang meninggal ada lebih dari 230.000, hal ini terjadi dikarenakan kebanyakan masyarkat mengkonsumsi rokok setiap tahun.

BACA JUGA:Disinggung Soal Semifinal, Shin Tae-yong Lebih Fokus ke Pertandingan Kontra Filipina Malam Ini

Rokok memiliki jenis kandungan yang berbahaya, di dalamnya memiliki sekitar 7.000 lebih terdapat bahan kimia serta 70-nya mengalami kanker.

Simak di sini mengenai zat kimia berbahaya dalam rokok.

- Nikotin

Zat ini mempengaruhi suasana dalam hati, daya ingat dan konsentrasi dapat meningkat. Hal tersebut akhirnya memunculkan efek candu atau adiksi.

BACA JUGA:Resmi Jabat Kapolda Bengkulu, Ini Sederet Jabatan yang Pernah Diemban Irjen Pol Armed Wijaya

Pada prosesnya membuat seseorang mengalami kesulitan untuk melepaskan diri dari kebiasaan tersebut.

Berhenti merokok dengan tiba-tiba, akan membuat tubuh tersebut merasakan suatu gejala yakni putus nikotin.

Efek sampingnya dapat merasa cemas, pusing, gelisah, susah konsentrasi, cepat marah, sulit tidur, kelelahan, serta nafsu makan menjadi meningkat.

BACA JUGA:Suasana Hujan Iringi Tradisi Penyambutan Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Armed Wijaya

Sementara, jika kecanduan nikotin tentu akan ada efek samping juga, yakni detak jantung dan tekanan darah yang meningkat, nafsu makan berkurang, sesak nafas, mual, serta diare.

- Karbon monoksida

BACA JUGA:Libur 2 Hari dalam Sepekan Lenyap di Perppu Cipta Kerja? Cek Informasinya

Melalui bantuan karbon monoksida yang menghalangi penyuplaian oksigen pada seluruh bagian tubuh, sehingga juga memaksa kerja jantung dengan keras, serta kerja paru-paru pun ikut terganggu.

Karbon monoksida ini dapat kamu temukan pada asap knalpot mobil.

BACA JUGA:Kasus Saling Lapor Dugaan Pemerkosaan antara Anak Majikan dan ART, Kombes Pol Tedy: Masih Proses

- Tar

Zat yang dapat memperkecil saluran udara pada paru-paru atau bronkiolus dengan menyerap oksigen. Kandungan tar dalam rokok tersebut akan terisap juga saat kamu merokok.

Di dalam tar juga terdapat kandungan kimia karsinogen sebagai permicu sel kanker pada tubuh berkembang, serta dapat menyebabkan gigi dan jari berwarna kuning.

BACA JUGA:Mau Pipi Tirus, Ini Tips Menghilangkan Lemak di Wajah

Hal ini berakibat juga bisa merusak rambut halus atau silia yang mana sebagai jalan keluarnya virus, debu, kuman, serta benda lain pada saluran pernafasan.

 - Benzena

Jika terpapar zat benzene ini bisa menambahkan risiko adanya leukemia dan keadaan kelainan darah lainnya. Kamu dapat menemukannya dalam bahan bakar minyak atau bensin dan pestisida.

Banyak kandungan yang berbahaya pada rokok, tidak hanya bahan-bahan di atas saja, misalnya arsenik dipakai di dalam pestisida, sianida sebagai pembuat senjata kimia, formalin dipakai untuk mengawetkan mayat, dan amonia.

BACA JUGA:Kapolda: Segera Ringkus Pelaku Perampokan Rumah Pasutri di Kepahiang

Setelah mengetahui kandungan dalam rokok dan ternyata berbahaya untuk kesehatan, selanjutnya simak pemaparan berikut ini.

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, bahwa beberapa kandungan tersebut dapat membahayakan kesehatan pada tubuh, diantaranya sebagai berikut:

1. Gangguan kardiovaskular

Bagi seseorang yang sering merokok, aktif atau sekadar menghirup asap rokok yang ada di sekitarnya, dapat berdampak lebih buruk dan terkena penyakit kardiovaskular, misalnya penyakit jantung dan store.

BACA JUGA:Kerap Memakan Korban, Ini Pertolongan Pertama Saat Terkena Ledakan Petasan

Apalagi bagi seseorang yang jarang sekali berolahraga, pola makan yang tidak beraturan, serta selalu stres.

2. Kerusakan pada otak

Fungsi otak menjadi bermasalah ketika merokok, hal ini baik pada anak-anak, remaja, maupun dewasa.

BACA JUGA:Dedy Wahyudi Jenguk Wakil Bupati Kaur, Begini Kabarnya

Menyebabkan bertambahnya gejala yang dialami misalnya penyakit otak, yaitu stroke, aneurisma otak, serta pikun atau mengalami demensia.

3. Penyakit paru-paru

Ada bahaya lain, hal ini benar-benar tak dapat terelakan yaitu dapat mengalami kanker paru-paru. Sebagaimana hal tersebut berbagai penyakit paru-paru akan terjadi, misalnya penyakit paru obstruktif kronis (PPOK),      emfisema, dan bronkitis.

BACA JUGA:Desa Ini Tidak Cairkan DD Tahap 3, Ini Sebab dan Akibatnya

Zat kimia ini menjadikan sel paru-paru mengalami kerusakan, sehingga selanjutnya berubah sel kanker.

4. Penyakit mulut dan tenggorokan

Dengan merokok dapat mengalami hal yang cukup serius, misalnya terjadi pada mulut, bibir, lidah, dan tenggorokan. Hal ini juga termasuk kanker laring dan kanker nasofaring.

BACA JUGA:Tuai Kecaman Publik, Ganjar Batalkan Bantuan Baznas untuk Kader PDIP

Selain itu, efek yang sering terjadi ketika merokok yakni gigi bernoda, bau mulut, serta penyakit lain seperti gus.

5. Penuaan dini

Hal lainnya juga dampak dari merokok berupa kerusakan kulit, lalu dapat mengalami penuaan dini. Karena kulit tersebut kurang asupan oksigen, menyebabkan bagi pengguna rokok dapat terlihat sangat tua disbanding dengan seseorang yang tidak mengkonsumsinya.

BACA JUGA:Harus Tahu! 4 Skala Ini Menjawab Tes Kepribadian MBTI, Simak Penjelasannya di Sini

6. Penyakit lambung

Ternyata dampak merokok juga dapat melemahkan otot yang memegang kontrol di bawah kerongkongan, hal tersebut menjadikan asam lambung naik ke kerongkongan. Dikenal dengan sebutan penyakit asam lambung atau GERD.

7. Tulang keropos

BACA JUGA:Pasca Jalani Operasi, 2 Tangan Wabup Kaur Diperban, Begini Kondisi Terakhirnya

Zat yang ada dalam rokok memunculkan tulang yang rapuh. Risiko yang terjadi  dan dialami berupa osteoporosis stau disebut tulang rapuh.

Menurut riset yang ada osteoporosis banyak dialami oleh seorang wanita.

8. Terdapat gangguan pada organ reproduksi

BACA JUGA:Mau Pipi Tirus, Ini Tips Menghilangkan Lemak di Wajah

Kemudian dengan merokok juga mengalami masalah reproduksi dan kesuburan. Pada kaum laki-laki, ini dapat terjadi pada produksi sperma yang berkurang dan gangguan ereksi.

Sedangkan wanita, hal ini membuat tingkat kesuburan berkurang. Kemudian, dapat mengalami kanker serviks, sehingga menyebabkan kondisi alami tubuh berkurang melawan infeksi HPV.

BACA JUGA:Doa Menjadi Sumber Kekuatan yang Tak Terputus, Ini 10 Diantaranya Perlu Kamu Tahu

9. Gangguan psikologis

Tidak hanya penyakit fisik saja, gangguan pada psikologis juga mempengaruhi ketika kamu merokok, misalnya susah tidu, cemas, bahkan depresi.

Hal tersebut terjadi, karena fungsi otak sudah rusak dikarenakan sudah terangsang zat yang beracun pada rokok atau sebab secara tiba-tiba berhenti mengkonsumsinya.

BACA JUGA:Berkah Lato-lato Viral, Pedagang Raup Keuntungan Hingga Ratusan Ribu

Inilah kenapa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, kualitas hidup menurun dan sangat berdampak pada saat sudah berusia lanjut.

Sehingga, penting untuk dapat mengontrol diri dalam mengkonsumsi rokok tersebut dan jika perlu berusahalah untuk berhenti merokok sejak dini, serta kamu dapat melakukan konsultasi kepada dokter yang ahli dibidangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: