Truk Besar Ini Dilarang Melintas di Tol Trans Sumatera Mulai Besok

Truk Besar Ini Dilarang Melintas di Tol Trans Sumatera Mulai Besok

Truk besar dilarang melintasi Tol Trans Sumatera mulai besok.--(Sumber Foto: YouTube/Lucky's Dronie).

BETVNEWS - Hutama Karya memastikan bahwa kendaraan berat yang memiliki tekanan ganda lebih dari 10 ton tidak boleh melewati jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada H-10 Idul Fitri 2023.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koenjoro menyampaikan bahwa berdasarkan peraturan pemerintah dapat dipastikan kendaraan berat, besar ataupun ODOL tidak boleh melintasi jalan nasional maupun jalan tol mulai H-10.

BACA JUGA:Si Kembar Raffa Korban Tenggelam di Pantai Panjang Bengkulu Ditemukan Meninggal Dunia

"Terkecuali kendaraan BBM, sembako dan pupuk, ini masih boleh melintas," ucapnya, Sabtu 8 April 2023.

Dikatakan saat ini, guna mengetahui kendaraan tersebut memiliki tekanan ganda di atas 10 ton atau tidak, Hutama Karya telah memasang alat timbangan untuk kendaraan bergerak di pintu masuk JTTS.

BACA JUGA:Ada Bansos Rp400.000 Cair Jelang Lebaran, Dana Langsung Transfer Via ATM, Cek Segera!

Dilansir dari Antara, Senin 10 April 2023, diketahui masalah ODOL tersebut memang ada kaitannya dengan jalan bergelombang dan rusak, kalau standar normal di JTTS, tekanan ganda itu sepuluh ton, tetapi kenyataannya di lapangan banyak melebihi itu.

"Ini kan juga sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat kalau ODOL tak boleh lewat, kecuali kendaraan yang masih di batas normal, pada H-10 Lebaran nanti," tegasnya.

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Ini Nama-nama Honorer yang Akan Diangkat Jadi PNS 2023, Berdasarkan Hasil Kemendikbud (Part 5)

Dengan memasang alat timbangan untuk kendaraan bergerak, pihaknya dapat mengetahui atau mendeteksi bahwa rata-rata 60 persen yang melintasi JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) itu kendaraan logistik.

"Dari 60 persen kendaraan logistik yang melalui ruas Bakter, itu 70 persennya adalah kendaraan ODOL, atau memiliki tekanan ganda di atas 10 ton," tuturnya.

BACA JUGA:Pengumuman: Ini Nama-nama Honorer yang Akan Diangkat Jadi PNS 2023, Berdasarkan Hasil Kemendikbud (Part 2)

Kemudian, setelah arus mudik dan balik Lebaran berakhir, pihaknya berencana akan memutar balikkan kendaraan over dimension dan overload (ODOL) yang ingin melintasi JTTS. 

"Jadi nanti kendaraan di atas sepuluh ton tekanan gandanya akan dikeluarkan ke jalan nasional. Memang sedikit dilema kalau jalan tol tidak rusak bagaimana jalan nasionalnya? pertanyaannya kan itu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: