Rehabilitasi Psikososial RSKJ Soeprapto, Tingkatkatkan Kualitas Hidup dan Kemandirian Pasien Disabilitas Jiwa

Rehabilitasi Psikososial RSKJ Soeprapto, Tingkatkatkan Kualitas Hidup dan Kemandirian Pasien Disabilitas Jiwa

Irawan Ahmad, Amd. Kep, selaku Kepala Ruangan (Karu) Rehabilitasi Psikososial RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

Adapun sarana dan prasarana untuk kegiatan olahraga yang telah dimiliki Rehabilitasi Psikososial RSKJ adalah: GOR badminton, lapangan volleyball, tenis Meja, catur, dan domino. Sedangkan untuk sarana terapi musik di Rehabilitasi Psikososial RSKJ seperti: keyboard, gitar dan peralatan karaoke. Kegiatan sekaligus terapi bermusik ini dilakukan setiap hari Sabtu.

Keterampilan yang diberikan bagi pasien wanita adalah keterampilan merangkai bonsai dan menjahit, sementara bagi pasien pria seperti pertukangan dan pertanian. Untuk kegiatan rekreasi sendiri dilakukan secara berkala yang lokasinya di dalam kota dan luar kota Bengkulu.

Sementara itu, Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) merupakan program terapi andalan dari Rehabilitasi Psikososial RSKJ yang melibatkan berbagai elemen baik dari unsur karyawan RSKJ maupun pasien, seperti melakukan permainan-permainan yang menyenangkan yang bisa membuat pasien merasa rileks dan melupakan sejenak masalah hidup yang dihadapi.

Pasien yang telah mengikuti rehabilitasi jiwa selama 7 sampai 14 hari akan di observasi kesehatan jiwa dan mentalnya apakah sudah signifikan pulih, jika belum sepenuhnya maka akan ditambah 7 hari lagi hingga maksimal total masa rehabilitasi menjadi 21 hari. 

Selanjutnya akan dilakukan assesmen oleh perawat dan dokter yang menangani pasien apakah telah layak untuk dikembalikan kepada keluargnya dan masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: