Hari Raya Waisak 2023, Umat Buddha Bengkulu Padati Vihara Buddhayana

Hari Raya Waisak 2023, Umat Buddha Bengkulu Padati Vihara Buddhayana

Ratusan Umat Budha di Kota Bengkulu, merayakan Hari Raya Waisak 2023 ke 2567 Tahun Budhanis (TB) dengan melakukan berbagai rangkaian prosesi ibadah. --(Sumber Foto: Abdu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Ratusan Umat Budha di Kota BENGKULU, merayakan Hari Raya Waisak 2023 ke 2567 Tahun Budhanis (TB) dengan melakukan berbagai rangkaian prosesi ibadah. 

BACA JUGA:2 Remaja Warga Kota Bengkulu Ditangkap, Diduga Karena Ini

Rangkaian ibadah Hari Raya Waisak 2023 dipusatkan di Vihara Buddhayana Kota Bengkulu pada Minggu 4 Juni 2023 yang dimulai pukul 08.30 WIB.

BACA JUGA:Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau Kembali Makan Korban, 2 Warga Sumsel Dibegal

Ketua Lembaga Pandita Provinsi Bengkulu, U.P Sankapo Putra mengatakan bahwa Hari Raya Waisak 2023 berlangsung meriah dan khidmat.

BACA JUGA:Hobi Kulineran? Inilah 7 Rekomendasi Makanan Khas Indonesia, Pendap Asli Bengkulu Wajib Kamu Coba

Ibadah Hari Raya Waisak 2023 diawali dengan prosesi Pradaksina atau jalan kaki sembari membawa dupa mengelilingi Vihara.

 BACA JUGA:Cerita Lucu Abu Jahal, Paksa Abu Nawas Bayar 100 Dinar Karena Cium Bau Masakannya..

Setelah itu, melaksanakan Yifo atau upacara pencurahan air bunga di patung Budha, lalu Puja atau pemberian persembahan ke altar Budha dan dilanjutkan dengan prosesi kebaktian serta beryanyi menyambut detik-detik Waisak. 

BACA JUGA:Selain Baik untuk Mata! Ini 8 Manfaat Alpukat Lainnya, Jaga Kesehatan Dengan Mengonsumsinya

"Hari ini (Minggu, red) berkisar 300 lebih umat Budha merayakan Waisak. Prosesi dimulai sejak pukul 08.30 WIB yang diawali dengan Pradaksina dan kemudian dilanjutkan dengan rangkaian lain yang dipusatkan di Vihara,” kata U.P Sankapo Putra.

BACA JUGA:Cerita Lucu Abu Jahal yang Dikerjai Sahabatnya Abu Nawas

Sementara itu, Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Bengkulu, Herwani mengatakan, Hari Raya Waisak 2023 mengangkat tema Harmonis masyarakat damai negaranya.

BACA JUGA:Pernah Alami Trauma? Ini Tanda hingga Cara Mengatasinya, Kembalikan Rasa Percaya dalam Diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: