7 Cara Mengendarai Motor Kopling, Pemula Wajib Tahu!

7 Cara Mengendarai Motor Kopling, Pemula Wajib Tahu!

Bagi pengguna pemula sepeda motor, mengendarai motor kopling memang sedikit sulit untuk di pelajari dan membutuhkan banyak konsentrasi seperti penggunaan sisi kopling, gas, rem secara bersamaan.--(Sumber Foto: Rilis Astra)

BETVNEWS – 7 Cara Mengendarai Motor Kopling, Pemula Wajib Tahu!

Saat ini motor kopling menjadi salah satu motor yang digemari masyarakat Indonesia, motor kopling sendiri tidak jauh beda dari motor matic, perbedaannya terletak pada transmisi motor. 

BACA JUGA:HUT ke-53, Astra Motor Banjir Hadiah Spesial! Ada Diskon Untuk Pembelian Motor Honda Loh..

Motor kopling memiliki transmisi manual dengan ditambah kopling untuk memindahkan gigi sedangkan matic memiliki transmisi yang otomatis. 

Bagi pengguna pemula sepeda motor, mengendarai motor kopling memang sedikit sulit untuk di pelajari dan membutuhkan banyak konsentrasi seperti penggunaan sisi kopling, gas, rem secara bersamaan.

BACA JUGA:Pebalap Astra Honda Raih Double Podium TTC 2023

Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu Noval Yunaidi memaparkan 7 langkah aman mengendarai sepeda motor kopling dan tips lebih lancar dalam menggunakan sepeda motor kopling :

1. Pelajari Sistem Kerja Kopling

Kopling berfungsi untuk memindahkan gigi secara halus. Letak panel kopling terletak di tuas tangan kiri kamu (kanan rem depan, dan kiri adalah kopling). 

Ketika kamu mulai menarik tuas kopling, lempeng kopling akan ditekan oleh kampas rem sehingga berhenti, dan di saat berhenti inilah biasanya kita bisa memindahkan gigi yang ada pada motor.

Jadi fungsi utama dari kopling ini adalah memutus penggerak yang biasanya berbentuk transmisi dan gear ke mesin, sehingga kita mudah untuk mengganti gigi ke lebih tinggi atau yang ke lebih rendah.

BACA JUGA:Pebalap Astra Honda Raih Double Podium TTC 2023

2.Lepas Kopling Secara Perlahan

Yang harus diketahui bagi para pengguna motor kopling pemula, saat menaiki sepeda motor kopling yaitu dengan cara melepas kopling. Cara melepas kopling sangat mempengaruhi lajunya kendaraan bermotor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: