KPU

Dokter Umum dan Spesialis di Bengkulu Dibekali Penanganan Panyakit Alergi

Dokter Umum dan Spesialis di Bengkulu Dibekali Penanganan Panyakit Alergi

Para dokter umum dan spesialis di Provinsi Bengkulu mengikuti Seminar Nasional Penguatan Peran Dokter dalam penanganan kasus penyakit alergi. Seminar nasional ini digelar oleh PT Prodia Widyahusada Tbk bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pro--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Para dokter umum dan spesialis di Provinsi  BENGKULU mengikuti Seminar Nasional Penguatan Peran Dokter dalam penanganan kasus penyakit alergi. Seminar nasional ini digelar oleh PT Prodia Widyahusada Tbk bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi BENGKULU di salah satu hotel Kota BENGKULU, Sabtu 14 Oktober 2023.

BACA JUGA:Kala Istri Almarhum Kenang Sosok Suami, TKI Bengkulu Utara yang Meninggal di Malaysia

Prof Dr dr Iris Rengganis, SpPD, seorang ahli di bidang penyakit dalam materi seminar menyampaikan, pentingnya peran dokter dalam mengatasi alergi. Menurutnya dokter tidak hanya perlu mendiagnosa penyakit pasien, tetapi juga harus mampu memahami penyakit alergi yang mungkin dimiliki oleh pasien. 

"Dokter tidak hanya mendiagnosa penyakit pasien ketika itu tetapi juga mengetahui kemungkin penyakit elergi yang dtimbul," ujar Rengganis. 

BACA JUGA:Tangkapan Nelayan di Bengkulu Melimpah, Segini Harga Ikan di TPI Pulau Baai

Iris Rengganis menjelaskan, alergi dapat disebabkan oleh berbagai sumber di antaranya kandungan pangan, debu, hawa, obat-obatan, tungau maupun lainnya sehingfa dokter dapat mencegah alergi melibatkan evaluasi penyebabnya, mengetahui pencetusnya dan memberikan penanganan yang tepat. 

BACA JUGA:Pedagang Pasir Putih Bengkulu Diberi Waktu Sebelum Akhir Tahun Ini untuk Relokasi Mandiri

"Pencegahan melibatkan menghindari faktor pencetusnya dan memberikan obat-obatan untuk mengendalikan gejalanya," kata Rengganis.

BACA JUGA:Gubernur: TKI Bengkulu Utara yang Meninggal di Malaysia Segera Dipulangkan, Mohon Doanya

Iris Rengganis mengatakan, dokter di puskesmas dan klinik tingkat pertama di Bengkulu diharapkan dapat mengantisipasi dan membuka wawasan pasien terkait alergi untuk memastikan diagnosa yang tepat dan terapi yang sesuai. 

"Pemberian konsultasi, dokter yang menangani diharapkan berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam menangani alergi, terutama alergi terhadap obat-obatan," tuturnya.

BACA JUGA:KPU Provinsi Bengkulu: Dana Hibah Pilkada 2024 Sebesar Rp44 Miliar Wajib Dianggarkan

Sementara itu, Branch Manager Prodia Bengkulu, Putra Firdaus ST, menjelaskan, Seminar Nasional Penguatan Peran Dokter dalam rangka HUT PT. Prodia Widyahusada Tbk  ke-50 tahun dengan menggelar Seminar Nasional di 50 Kota di seluruh Indonesia. Provinsi Bengkulu salah saty yang menjadi tuan rumah ke-42.

"Seminar ini untuk memberikan pemahaman kepada dokter umum dan spesialis serta  eksistensi Prodia sebagai pelayan kesehatan dengan jejaring yang luas," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: