dempo

27 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Listrik Nasional hingga Hari Lemur Sedunia

27 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Listrik Nasional hingga Hari Lemur Sedunia

27 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Listrik Nasional hingga Hari Lemur Sedunia--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Tiap tanggal di kalender memiliki peringatan yang dirayakan oleh sebagian orang atau kelompok tertentu setiap tahunnya. Tidak terkecuali tangga 27 Oktober 2023.

Tahun ini, 27 Oktober 2023 bertepatan dengan hari Jumat di pekan keempat bulan Oktober. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Lsitrik Nasional.

Tahun 2023 ini, Hari Listrik Nasional merupakan perayaan yang ke-78.

BACA JUGA:26 Oktober Memperingati Hari Meletusnya Gunung Merapi, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan pembentukan Jawatan Listrik dan Gas melalui Penetapan Pemerintah No. 1 tanggal 27 Oktober 1945.

Selain Hari Listrik Nasional, tanggal 27 Oktober juga diperingati sebagai Hari Penerbangan Nasional, Hari Warisan Audiovisual Sedunia, hingga Hari Lemur Sedunia.

BACA JUGA:Hari Pasta Sedunia 25 Oktober 2023: Simak Resep Rose Pasta Khas Korea Selatan, Sajian Istimewa nan Lezat

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal ini:

1. Hari Listrik Nasional

Tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Listrik Nasional setiap tahunnya. Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1945, peringatan ini merupakan perayaan yang ke-78.

Dikutip dari situs Kementerian ESDM, Hari Listrik Nasional (HLN) berkaitan erat dengan sejarah momentum nasionalisasi perusahaan-perusahaan listrik serta gas yang awalnya dikuasai oleh penjajah Jepang.

Usai diambil alih oleh para pemuda dan buruh listrik, sejumlah perusaahn listrik tersebut diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia.

Kemudian dibentuklah Jawatan Listrik dan Gas melalui Penetapan Pemerintah No. 1 tanggal 27 Oktober 1945. Tanggal tersebut kemudian menjadi dasar penetapan Hari Listrik Nasional

Berdasarkan sejarahnya, listrik di Indonesia sebenarnya sudah ada di akhir abad ke 19. Beberapa perusahaan Belanda saat itu mendirikan pembangkit tenaga listrik untuk keperluan perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: