dempo

Ampuh Pudarkan Bekas Luka hingga Menjaga Kekuatan Tulang, Ini 10 Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan

Ampuh Pudarkan Bekas Luka hingga Menjaga Kekuatan Tulang, Ini 10 Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan

Ilustrasi. 10 Manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan tubuh.--(Sumber Foto: Web/Alodokter)

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat minyak cengkeh selnjutnya adalah dapat miningkatkan sirkulasi darah. Kandungan zat aktif pada cengkeh memberikan efek nyaman pada badan, itulah sebabnya minyak cengkeh dimanfaatkan sebagai bahan dasar balsem yang digunakan untuk meredakan tegang pada otot. 

4. Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan vitamin yang ada pada minyak cengkeh ternyata dapat membuat rambut lebih sehat, mengoleskan minyak cengkeh pada rambut dapat mengembalikan warna rambut yang memudar hingga mengatasi rontok.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu! Membantu Atasi Batu Ginjal hingga Redakan Asam Urat, Ini 10 Manfaat Daun Meniran

5. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Selain menjaga kesehatan rambut, minyak cengkeh juga dapat dimanfaatan untuk mengurangi resiko terkena kanker. Kandungan yang terdapat pada minyak cengkeh terbukti dapat melawan sel kanker, hal ini sudah dilakukan penelitian oleh in Vitro.

6. Mengatasi Bakteri 

Minyak cengkeh juga dapat mengatasi jamur dan bakteri karena terdapat kandungan antimikroba di dalamnya. Selain itu kandungan eugenol yang terdapat pada minyak cengkeh dapat membunuh jamur, hal ini telah dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Candida albicans.

BACA JUGA:Ampuh Redakan Nyeri Sendi! Ini 10 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh, Cek Khasiat Lainnya di Sini

7. Sebagai Anti Nyeri

Selain dapat membunuh bakteri, minyak cengkeh juga dipercaya mengatasi nyeri. Hal ini karena kandungan analgesik yang terdapat pada minyak cengkeh dapat meembantu mengatasi nyeri di bagian persendian dan nyeri akibat sakit gigi.

8. Mengontrol Gula Darah

Manfaat minyak cengkeh selanjutnya adalah dapat mengotrol gula darah pada tubuh. Hal ini karena minyak cengkeh mengandung nigerisin yang diketahui dapat meningkatkan penyerapan gula dari darah ke dalam sel, meningkatkan sekresi insulin, dan memperbaiki fungsi sel yang memproduksi insulin.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan, Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: