Cair Lagi? Segera Ambil Bansos PKH dan BPNT Oktober 2023, Penerima Kategori Ini Dapat Kantongi Uang Gratis

Cair Lagi? Segera Ambil Bansos PKH dan BPNT Oktober 2023, Penerima Kategori Ini Dapat Kantongi Uang Gratis

Ilustrasi. Segera cek bansos PKH dan BPNT Oktober 2023.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Terdapat dua bantuan sosial (bansos) yang masih dicairkan pemerintah, yakni bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Para penerima manfaat dapat kembali bersiap untuk cairkan sejumlah uang tersebut.

Pasalnya tidak semua bisa mendapat bantuan ini, bansos PKH dan BPNT 2023 diperuntukan untuk masyarakat yang kurang mampu atau rentan ekonomi. Untuk itu, para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa segera langsung cek status pencairannya melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

BACA JUGA:Sudah Cair? Segera Klik Link cekbansos.kemensos.go.id, Penerima Dapat Bansos PKH Oktober 2023, Cek Namamu

Melansir BPK RI, bantuan sosial adalah suatu pemberian bantuan yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif. Bisa berupa uang/barang yang akan diterima masyarakat tertentu, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lantas bagi masyarakat yang masih menantikan bantuan tersebut, pastikan namamu terdaftar di DTKS Kemensos. Kedua bantuan tersebut diketahui akan dicairkan dengan jumlah yang berbeda, sesuai dengan bansos apa yang didaftarkan.

BACA JUGA:Cair Akhir Oktober, Segera Cek Penerima Bansos PKH Khusus Lansia, BLT Rp600.000 Siap Masuk Rekening Hari Ini

Para KPM bisa segera pastikan dan lakukan pengecekkan, apakah bantuan PKH dan BPNT sudah cair atau belum. Sebab, jika terlewat bantuan tersebut bisa saja hangus.

Dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) PKH 2023, setidaknya ada 7 kategori yang akan menerima uang hingga Rp750 ribu. Kemudian, bantuan Rp400 ribu hingga Rp600 ribu untuk KPM BPNT 2023 yang cair secara bertahap. Bahkan kabarnya sebagian wilayah sudah bisa menerima bantuan dari pemerintah ini. 

BACA JUGA:Penerima Siap-siap, Bansos BPNT Tahap 5 2023 Cair, Segera Cek Status Nama Kamu Hari Ini!

Selain itu ada perubahan lokasi pencairan khusus untuk bansos PKH 2023. BLT PKH yang cair dalam dua bulan, penerima dapat mengambilnya melalui Bank Himbara. Sementara khusus PKH 2023 yang cair tiga bulan atau per triwulan akan dicairkan melalui PT Pos Indonesia.

Berbeda dengan BPNT 2023, lokasi dan waktu pencairan tidak berubah. Anda dapat melakukan pencairan di dua lokasi yakni melalui Bank Himbara maupun PT Pos Indonesia. Selanjutnya penerima dapat menceknya langsung secara online melalui hp.

BACA JUGA:Bansos PIP Kemdikbud 2023 Cair, Segera Cek Status Penerima, Ambil Langsung Uang Gratis hingga Rp1 Juta

Cara cek penerima bansos PKH dan BPNT 2023

1. Buka situs resmi cekbansos.kemensos.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: