KPU

Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Mudah Membedakan Emas Asli dan Palsu, Kamu Wajib Tahu Sebelum Beli

Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Mudah Membedakan Emas Asli dan Palsu, Kamu Wajib Tahu Sebelum Beli

Ilustrasi. 7 Cara membedakan antara emas asli dan palsu.--(Sumber Foto: Web/Akseleran.co.id)

Namun jika setelah ditetskan kandungan asam tersebut dan tidak berubah warna, maka bisa dikatakan kalau itu emas asli. 

BACA JUGA:Unik dan Berkualitas, Berikut 4 Produk Logam Mulia Antam yang Cocok untuk Investasi, Nomor 3 Kamu Wajib Punya

4. Coba Gigit Emas

Cara ini paling mudah untuk membantu kamu membedakan emas asli dan palsu. Menggigit emas ternyata dapat membantu kamu untuk mencari tahu perbedaan antara emas asli dan palsu. Logam mulia yang telah digigit meninggalkan bekas gigitan, maka bisa dikatakan kalau itu emas palsu. Karena sebenarnya emas asli tidak akan meninggalkan bekas gigitan jika digigit.

5. Menguji dengan Suara

Cara mencari tahu emas tersebut asli atau tidak adalah dengan menguji suaranya. Hal ini karena, emas memiliki suara nyaring dengan nada tinggi apabila dijatuhkan ke keramik, diketuk, atau jatuh ke permukaan yang keras. Apabila kamu menjatuhkan ke permukaan logam, maka suaranya akan lebih nyaring.

BACA JUGA:Terungkap, Ini Waktu yang Tepat Buat Kamu Berinvestasi Emas, Untung Lebih Banyak! Cek di Sini

6. Beli di Toko Resmi

Cara selanjutnya agar terhindar dari emas palsu dan penipuan adalah lakukan pembelian di toko remsi atau aplikasi toko fisik seperti butik Antam LM. Kamu juga dapat membeli emas digital di toko resmi selain emas batangan atau perhiasan, kamu juga dapat membeli emas digital tanpa perlu menyimpan fisiknya.

7. Cek Keaslian di Butik LM Terdekat

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui keaslian dari emas tersebut adalah dengan melakukan pengecekan di butik Antam LM atau UBS terdekat. Petugas akan mengecek keaslian emas dan kadar emas yang terkandung di dalamnya. Selain itu, kamu juga dapat membedakan emas batangan Antam asli dan palsu menggunakan aplikasi cek emas asli CertiEye.

BACA JUGA:Mau Investasi Emas Antam dengan Untung Maksimal? Ini Jangka Waktu Idealnya

Begitula cara yang dapat kamu lakukan untuk membedakan antara emas asli dan palsu. Pastikan kamu membeli emas asli dengan kadar kemurnian 24 karat, jangan sampai tertipu ya. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: