KPU

Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Mudah Membedakan Emas Asli dan Palsu, Kamu Wajib Tahu Sebelum Beli

Jangan Sampai Tertipu! Begini Cara Mudah Membedakan Emas Asli dan Palsu, Kamu Wajib Tahu Sebelum Beli

Ilustrasi. 7 Cara membedakan antara emas asli dan palsu.--(Sumber Foto: Web/Akseleran.co.id)

Sebagai informasi bahwa emas tidak bersifat magnetis oleh karena itu emas tidak terpengaruh oleh magnet. Hal ini dikarenakan emas memiliki sifat non magnetis. Apabila emas tertarik magnet, maka bisa dikatakan itu emas palsu.

Emas Merupakan Konduktor yang Baik

Emas ternyata konduktor yang baik atau dapat menghantarkan panas, itulah sebabnya logam mulia ini sering digunakan sebagai bahan pembentuk chip pada lapotop atau komputer, bahan pelindung kaca helm astronot, dan bahan pembentuk pesawat.

BACA JUGA:Berikut 5 Cara Merawat Emas Agar Tetap Cantik dan Berkilau, Salah Satunya Cukup Cuci dengan Bahan Dapur Ini

Tidak Korosif

Emas asli tidak akan terpengaruh oleh karat, berbeda dengan emas campuran yang kadar kemurniannya tidak samapi 24 karat.

Selain itu, biasanya terdapat tanda khusus pada emas asli, yaitu berupa label nilai kadar karat dari emas. Seperti nilai 0-999 atau 0k sampai 24k yang ada di permukaan emas batangan.

BACA JUGA:Harga Buyback Emas Batangan Galeri24 Menciut Rp10.000 Ribu per Gram Pada Perdagangan Kamis 8 November 2023

2. Apabila Digosok dan Digores Tidak Berubah Warna

Emas asli jika digosok atau tergores maka warna yang dimilikinya akan tetap kunig berkilau, berbeda dengan emas palsu yang jika digores pasti akan menyebabkan warnanya tampak pudar.

Cara selanjutnya adalah dengan menggores emas pada keramik atau kertas. Apabila digoreskan tidak meninggalkan bekas di keramik, maka bisa dikatakan emas tersebut asli.

BACA JUGA:Berikut Penjelasan Mengenai Buyback Emas Lengkap dengan Cara Menghitungnya, Cari Tahu Dulu Baru Investasi!

3. Teteskan Asam Nitrat

Emas asli dan palsu juga dapat dibedakan dengan cara diteteskan dengan asam nitrat kemudian lihat reaksi dari emas tersebut. 

Apabila berubah warna menjadi hijau, maka emas tersebut sebenarnya besi yang diberi lapisan emas. Apabila berubah warna menjadi kuning, maka logam tersebut sebenarnya kuningan yang telah dilapisi emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: