Lestarikan Kebudayaan Seluma, Jonaidi SP Ingatkan Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual Budaya

Lestarikan Kebudayaan Seluma, Jonaidi SP Ingatkan Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual Budaya

Ketua Komisi II DPRD Bengkulu, Jonaidi SP, mengingatkan tentang pentingnya Hak Kekayaan Intelektual dalam melestarikan budaya lokal di Festival Pencak Serawai di Desa Karang Anyar, Kecamatan Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma, pada Selasa 21 November 2--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Ketua Komisi II DPRD Bengkulu, Jonaidi SP, mengingatkan tentang pentingnya Hak Kekayaan Intelektual dalam melestarikan budaya lokal di Seluma. Hal itu disampaikan dalam sambutan acara Festival Pencak Serawai II di Desa Karang Anyar, Kecamatan Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma, pada Selasa 21 November 2023.

BACA JUGA:Gelar Festival Pencak Serawai II, Jonaidi: Budaya Adalah Identitas Kita

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dapil Seluma tersebut menjelaskan, budaya merupakan identitas suatu bangsa. 

Untuk itu, budaya lokal di Bengkulu khususnya Kabupaten Seluma, perlu dijaga dan dilestarikan agar tidak punah dan diakui pihak lain. 

"Jika masih punya budaya, maka kita masih punya identitas. Jika budaya punah, dimana lagi identitas kita. Maka kita perlu melestarikan budaya kita, agar tidak diambil oleh orang lain," ujarnya. 

BACA JUGA:Jonaidi Sukseskan Festival Pencak Serawai II Kabupaten Seluma, Puluhan Peserta Unjuk Kebolehan

Menurutnya, salah satu cara menjaga budaya lokal adalah dengan mendapatkan ketetapan hukum berupa Hak Kekayaan Intelektual. Dengan demikian, kebudayaan lokal tersebut tidak dapat diakui oleh pihak lain. 

BACA JUGA:Sempat Diguyur Hujan, Festival Pencak Serawai II Kabupaten Seluma 2023 Berlangsung Meriah

Pencak Silat Serawai sendiri saat ini sudah mendapatkan hak Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Budaya Tradisional Suku Serawai yang terdaftar di Kemenkum HAM RI.

Keberhasilan tersebut tak lepas dari perjuangan Jonaidi SP selaku pihak yang mempelopori dan mendaftarkan Pencak Silat di Kemenkumham, dalam rangka menjaga budaya di Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: