HUT ke-55 Provinsi Bengkulu, Holil Anwar Gelar Festival Kuda Lumping di Desa Gunung Agung

HUT ke-55 Provinsi Bengkulu, Holil Anwar Gelar Festival Kuda Lumping di Desa Gunung Agung

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Holil Anwar, menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi BENGKULU menyelenggarakan Festival Kuda Lumping di Desa Gunung Agung Kecamatan Bermani Ilir, Kabupaten Kepahiang pada Selasa 28 November 2023. --(Sumber Foto: Hendri/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Anggota DPRD Provinsi BENGKULU, Holil Anwar, menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi BENGKULU menyelenggarakan Festival Kuda Lumping di Desa Gunung Agung Kecamatan Bermani Ilir, Kabupaten Kepahiang pada Selasa 28 November 2023. 

Festival digelar dalam rangka memeriahkan HUT (Hari Ulang Tahun) Provinsi Bengkulu yang ke-55 tahun.

BACA JUGA:Pagelaran Kuda Kepang Sukses Meski Diguyur Hujan

Acara berlangsung dengan meriah, terlihat masyarakat berbondong-bondong ke lapangan untuk menyaksikan. Ada dua kelompok kesenian yang unjuk kebolehan yaitu Sanggar Turonggo Jati Waseso dan Sanggar Turonggo Jati Mulyo.

Bukan hanya masyarakat di Desa Gunung Agung yang dapat menyaksikan kemeriahan festival, namun juga se-Provinsi Bengkulu, karena kegiatan ini juga disiarkan langsung oleh Bengkulu Ekspress Televisi (BETV).

BACA JUGA:Pagelaran Campur Sari HUT Provinsi Bengkulu ke-55, Sukses Digelar di Rejang Lebong

Holil Anwar, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu daerah pemilihan Kabupaten Kepahiang ini berharap kedepan, pemerintah baik di daerah maupun provinsi dapat menyediakan tempat atau gedung khusus sebagai wadah bagi sanggar hingga penggiat seni dan budaya di Kabupaten Kepahiang menyelenggarakan kegiatan kesenian. 

Yang tujuannya untuk melestarikan kebudayaan lokal sebab jika tidak dijaga akan hilang dan tergerus perkembangan zaman. Terlebih saat ini kita tinggal di kehidupan serba teknologi. 

"Harapan kita kedepan, kegiatan-kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan dan di jadikan agenda tahunan. Tidak hanya itu, untuk menampung kebudayaan dan kesenian yang ada, kita berharap ada tempat yang menjadi wada para seniman ataupun budayawan," kata Holil Anwar yang juga dikenal sebagai tokoh masyarakat di Kecamatan Bermani Ilir. 

BACA JUGA:Ragam Tarian Disajikan dalam Pagelaran Budaya, Yurman Hamedi: Bengkulu Utara Adalah Mini Indonesia

Sementara itu, hadir Gubernur Bengkulu yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Cabang Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu wilayah Kabupaten Kepahiang, Johan Arifin.

Lanjut Johan Arifin, pihaknya mengapresiasi festival yang digelar sebagai bentuk mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya.

"Festival ini sangat bermanfaat, selain memberikan hiburan kepada masyarakat agar dapat sama-sama merasakan hari jadi Provinsi. Ini juga merupakan bentuk komitmen Pemprov dalam melestarikan kebudayaan," kata Johan Arifin dalam kata sambutannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: