KPU

Jarang Diketahui! Ternyata Ini Alasan Para Ibu Hamil Perlu Penuhi Kebutuhan Vitamin D Saat Masa Kehamilan

Jarang Diketahui! Ternyata Ini Alasan Para Ibu Hamil Perlu Penuhi Kebutuhan Vitamin D Saat Masa Kehamilan

Ilustrasi. Ternyata ini alasan para ibu hamil perlu penuhi kebutuhan vitamin D saat masa kehamilan.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Pada masa kehamilan, seorang ibu hamil biasanya dituntut untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Termasuk pemenuhan vitamin D di dalam tubuh agar kehamilan berjalan lancar dan selalu dalam keadaan sehat serta terhindar dari masalah kesehatan

Melansir dari laman alomedika.com, diketahui bahwa kekurangan vitamin D pada ibu hamil dapat menimbulkan dampak buruk seperti peningkatan resiko preeklampsia, hambatan pertumbuhan janin, diabetes gentasiona, inteksi maternal dan sebagainya.

BACA JUGA:4 Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil, Bisa Membantu Pembentukan Tulang Janin, Ini Penjelasannya!

Vitamin D dapat diproduksi secara alami oleh tubuh ketika kulit terpapar oleh sinar matahari. Oleh sebab itu, biasanya cara yang mudah dan efektif untuk dilakukan agar dapat memperoleh asupan Vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Selain melalui sinar matahari pagi, Vitamin D juga dapat diperoleh melalui makanan yang kaya akan vitamin D seperti ikan salmon, tuna, tongkol dan tenggiri. Vitamin ini juga dapat ditemukan di telur, susu, keju, hati sapi dan sebagainya.

BACA JUGA:Jadi Simbol Palestina! Ini Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Ampuh Mengatasi Morning Sickness, Apa Itu?

Dilansir dari beberapa sumber, BETV telah merangkum beberapa manfaat vitamin D lainnya yang bisa bumil simak, berikut bahaya jika kekurangan vitamin ini. 

Manfaat vitamin D untuk ibu hamil

1. Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi

Manfaat vitamin D yang pertama adalah untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat di dalam tubuh. Keduanya merupakan mineral penting yang diperlukan oleh janin untuk pembentukan jaringan tulang dan gigi. 

Biasanya ibu hamil disarankan untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi sebelum pukul 9 selama 10-15 menit sebanyak 2-3 kali dalam satu pekan.

BACA JUGA:Bahaya! Konsumsi Bawang Putih Berlebihan saat Hamil Bisa Bikin Pendarahan hingga kejang, Ini Penjelasannya

Ibu hamil juga sebaiknya tetap menggunakan sunscreen (tabir surya) untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Bumil juga dapat mengenakan topi untuk melindungi wajah. 

2. Menurunkan risiko diabetes gestasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: