Jelang Akhir Tahun 2023 Luangkan Waktu untuk Muhasabah, Cara Terbaik Memahami Diri Sendiri

Jelang Akhir Tahun 2023 Luangkan Waktu untuk Muhasabah, Cara Terbaik Memahami Diri Sendiri

Ilustrasi. Luangkan waktu untuk muhasabah di akhir tahun 2023.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Bermuhasabah ialah merenungkan mengenai apa saja yang telah kita lalui selama hidup. Lalu menjalani evaluasi dan tentunya kita butuh untuk memiliki niat menjadi orang yang lebih baik.

Dengan melakukan amalan-amalan yang diperintahkan oleh Allah dan menyadari seberapa banyak dosa yang diperbuat. Hal ini penting supaya kita tetap memiliki arah tujuan.

BACA JUGA:Bukti Kamu Sudah Mencintai Diri Sendiri, Cek 7 Tanda Ini! Salah Satunya Tetap Bersyukur

Usai kamu mengetahui jawaban, segeralah menjalani niat untuk selalu dapat lebih baik dan taat kepada Allah Ta'ala dan juga menjauhi segala bentuk laranganNya.

2. Menyendiri

Bentuk introspeksi dan evaluasi yang berguna dapat kamu lakukan salah satunya dengan cara menyendiri ketika sedang menjalani muhasabah. 

Umar bin Khaththab berkata: “Koreksilah diri kalian sebelum kalian dihisab dan berhiaslah (dengan amal saleh) untuk pagelaran agung (pada hari kiamat kelak).” (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:5 Hal Ini Wajib Ada pada Dirimu, Tanda-tanda Bahwa Kamu Sudah Menjadi Diri Sendiri Seutuhnya, Apa Saja?

3. Bersahabatlah kepada orang saleh

Allah Ta'ala memberikan rezeki kepada seorang hamba salah satunya dengan dikelilingi oleh para sahabat yang saleh. Sehingga, mereka pun akan selalu saling menasihati dan juga mengingatkan ketika ada kekeliruan yang telah dilakukan, semata-mata supaya dapat bersama dalam kebaikan.

4. Melaksanakan salat taubat

Saat kamu menyadari tentang sesuatu dan menyesali semua dosa yang sudah diperbuat, sebagai muslim yang taat tentu akan bertobat. Sebagai bentuk amalan yang bisa dilakukan dengan mendirikan salat taubat.

BACA JUGA:Cek di Sini! 5 Tanda Perempuan Punya Mental Kuat, Salah Satunya Memaafkan Diri Sendiri

Melalui tata cara salat taubat sama seperti salat pada umumnya, salat taubat juga bisa dilakukan dengan dua rakaat, empat, atau enam rakaat.

Lalu dibagian sujud paling akhir, kamu dapat mengakui segala dosa yang diperbuat dan meminta ampunan Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: