85 Kecelakaan Terjadi di Seluma Sepanjang 2023, Terbanyak di Sukaraja

85 Kecelakaan Terjadi di Seluma Sepanjang 2023, Terbanyak di Sukaraja

Kasatlantas Polres Seluma, Iptu Teguh Prastyo--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Satlantas Polres Seluma mendata sepanjang tahun 2023  jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Seluma mencapai 85 kasus dengan korban meninggal dunia 26 orang.

Kasatlantas Polres Seluma, Iptu Teguh Prastyo mengatakan, tingginya angka kecelakaan tak lain disebabkan human erorr, minimnya rambu lalu lintas serta tidak pahamnya pengedara akan medan jalan dilalui, juga rusaknya kontur jalan.

BACA JUGA:Tak Perlu Mewah, Intip 5 Rekomendasi Kegiatan Seru untuk Rayakan Tahun Baru 2024

"Di tahun 2023 85 kasus kecelakaan korban meninggal dunia 26 orang, luka berat 39, luka ringan 126 orang," kata Iptu Teguh Prastyo

Lanjut Kasatlantas, dari angka 85 kasus kecelakaan di Kabupaten Seluma paling tinggi terjadi di Kecamatan Sukaraja mencapai 51 kasus.

Menurutnya jalan lintas di Kecamatan Sukaraja  terbilang padat kendaraan lalu lintas, disamping itu kindisi badan jalan yang sempit serta banyak lubang menjadi salah satu tingginya kecelakaan di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Fitur, Spesifikasi, dan Harga iPhone 15 Pro Max di iBox Desember 2023, Paling Murah Rp24 Jutaan!

"Paling banyak terjadi kecelakaan di Sukaraja, sejauh ini dari 85 kasus lakalantas ada 51 kasus terjadi di wilayah itu," lanjut Iptu Teguh 

Mengingat tingginya angka kecelakaan di Kecamatan tersebut, Satlantas polres Seluma berkoordinasi dengan Dinas Permukiman dan Perhubungan (Perkimbhub) untuk memprioritaskan pemasangan rambu lalu lintas terutama di titik rawan kecelakaan.

BACA JUGA:Ini 8 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sementara itu, Kepala Bidang Perhubungan Disperkimhub Kabupaten Seluma Diosi, mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian terkait upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Pihaknya pun telah mengusulkan anggaran sebesar Rp200 juta untuk pengadaan rambu lalu lintas di titik rawan kecelakaan.

BACA JUGA:Berkas Belum Lengkap, 40 Persen Dana Hibah Pilkada KPU Kepahiang Terancam Dibekukan

"Sudah kita usulkan pengadaan marka dan rambu jalan sebesar 200 juta. Kami sangat mendukung Satlantas Polres Seluma untuk menekan angka lakalantas ini, karena memang kita di Seluma masih kekurangan rambu dan marka jalan," kata Diosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: