Tinggal Menghitung Hari, Yuk Ketahui 5 Keistimewaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Muslim

Tinggal Menghitung Hari, Yuk Ketahui 5 Keistimewaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Muslim

Tinggal menghitung hari, yuk ketahui 5 keistimewaan bulan Ramadhan bagi umat muslim--(Sumber Foto: iStockPhoto)

"Setiap Muslim mempunyai doa yang mustajab yang ia sampaikan pada bulan Ramadan." (HR. Ahmad).

Hadist lainnya dari Abu Hurairah mencatat bahwa Nabi Muhammad SAW juga bersabda, "Ada tiga macam orang yang doanya tidak ditolak, yaitu imam yang adil, orang yang berpuasa, dan doa orang yang terainaya".

BACA JUGA:Rekomendasi Takjil Buka Puasa Bulan Ramadan 2024, Mulai dari yang Mengenyangkan hingga Menyegarkan, Yuk Cobain

4. Amalan Berlipat Ganda

Keistimewaan bulan Ramadhan lainnya adalah Allah akan melipatgandakan setiap amalan yang dilakukan oleh umat Muslim. 

Di dalam Islam, setiap amalan baik akan mendapatkan pahala. Namun pada bulan Ramadhan, amalan tersebut akan dilipatgandakan sehingga umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal baik pada bulan ini, baik amalan wajib maupun amalan sunnah. 

BACA JUGA:5 Resep Menu Buka Puasa yang Menyegarkan, Ada Es Buah Campur hingga Sorbet Jeruk Mangga, Catat Cara Membuatnya

5. Bulan Pengampunan Dosa

Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang sangat istimewa karena pada bulan ini Allah SWT mengampuni dosa-dosa hamba-Nya. Terutama bagi mereka yang benar-benar beribadah dan juga bertaubat dari dosa-dosa yang telah dilakukannya. 

Pada bulan ini, Allah akan membukakan pintu pengampunan dan juga kebaikan sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab Bukhari dan Muslim yang berbunyi, “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu.”

BACA JUGA:Tidak Hanya Ibadah, Ini 8 Manfaat Puasa Dalam Islam, Diantaranya Sebagai Pembersihan Jiwa

Demikian 5 keistimewaan bulan Ramadhan yang wajib kamu ketahui. Mari maksimalkan ibadah pada bulan mendatang ini dan manfaatkan seluruh keistimewaan yang telah dijanjikan. Semoga bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: