Ramadhan Segera Tiba, Ketahui 10 Hadits Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan Ini untuk Ibadah Lebih Baik

Ramadhan Segera Tiba, Ketahui 10 Hadits Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan Ini untuk Ibadah Lebih Baik

Ramadhan segera tiba, ketahui 10 hadits tentang keutamaan bulan Raamadhan ini untuk ibadah lebih baik--(Sumber Foto: iStockPhoto)

1. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Ramadhan dikenal sebagai bulan penuh berkah dimana pada saat itu, pintu-pintu surga akan dibuka sementara pintyu-pintu neraka ditutup serta setan-setan pun akan dibelenggu. 

Bulan ini dikenal sebagai bulan yang lebih baik daripada seribu bulan. Dalam hadits berikut, Rasulullah SAW bersabda :

BACA JUGA:Catat dari Sekarang! Inilah 7 Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Lezat dan Praktis Ala Rumahan

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ 

Artinya: Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan (HR Ahmad). 

BACA JUGA:Sambut Ramadhan 2024 dengan Gembira, Yuk Ingat Kembali Bacaan Niat Sahur dan Buka Puasa Lengkap dengan Artinya

2. Allah SWT Membebaskan Penghuni Neraka Tiap Malam Bulan Ramadhan

Padah bulan Ramadhan ini, Allah SWT akan membebaskan penghuni neraka pada setiap malam di bulan aktif ini. 

Sebagaimana yang ada di dalam hadits berikut, Rasulullah SAW bersabda:

إذَا كَانَ أوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أبْوَابُ الجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِيْ مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلُّ لَيْلَةٍ     

BACA JUGA:Wah, 7 Negara Ini Disebut Miliki Durasi Puasa Terlama di Dunia, Bahkan Mencapai Lebih dari 20 Jam

Artinya: Jika awal Ramadhan tiba, maka setan-­setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Sedangkan pintu-pintu surga dibuka, dan tidak satu pintu pun yang ditutup. Lalu ada seruan (pada bulan Ramadhan): Wahai orang yang menginginkan kebaikan, datanglah. Wahai orang yang ingin kejahatan, tahanlah dirimu. Pada setiap malam Allah swt memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:Cocok untuk Buka Puasa, Cobain Nikmatnya Oseng Buncis Ikan Suwir, Cek Resep dan Cara Membuatnya di Sini!

3. Doa Orang Berpuasa Mustajab

Di bulan Ramadhan, doa orang-orang yang berpuasa selalu mustajab dan senantiasa dikabulkan oleh Allah SWT. Seperti yang ada dalam sabda Rasulullah SAW berikut. 

لَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٍ ؛دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ

Artinya: Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir, dan doa orang yang teraniaya (HR Baihaqi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: