Ini 10 Gambaran Surga Menurut Al Quran dan Hadits, Indah dan Penuh Kenikmatan Tak Terbatas

Ini 10 Gambaran Surga Menurut Al Quran dan Hadits, Indah dan Penuh Kenikmatan Tak Terbatas

Ilustrasi. Ini 10 gambaran surga dalam Islam yang perlu kamu ketahui.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

"Dan bersegeralah (berlomba-lomba) meminta ampunan kepada Allah SWT dan mendapatkan surga yang seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa."

BACA JUGA:Masya Allah, 7 Amalan Menjadi Penghuni Surga Firdaus Ini Bisa Kamu Lakukan, Yuk Tingkatkan Ibadahnya

2. Ada berbagai jenis sungai

Tergambar dengan penuh kenikmatkan, hingga di dalamnya ada sungai yang dialiri susu dan anggur yang tak memabukkan. Berbagai jenis sungai yang mengalir dan diberi nama sesuai keadaan serta sifat airnya.

Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah Ta'ala surah Muhammad ayat 15, yang artinya:

"Perumpamaan (penghuni) taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa. Di dalamnya ada sungai-sungai yang airnya berubah rasanya, baunya, sungai-sungai dari air susu, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu yang murni.

Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Allah. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga ususnya terpotong-potong?."

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Thalhah Ternyata Masuk Surga Karena Hal Ini, Masya Allah

3. Surga mengalir sungai-sungai di bawahnya

Dijelaskan dalam firman Allah Qur'an surah An-Nisa ayat 122, yang artinya:

"Orang-orang yang beriman dan beramal saleh akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Janji Allah itu benar. Siapakah yang lebih benar perkataannya daripada Allah?"

Kemudian, menurut ulama tafsir Imam Ibnu Katsir, merangkum sejumlah hadits lalu diceritakan oleh Rasulullah SAW tentang al-Kautsar.

Dari Anas bahwa Rasulullah SAW pada saat diturunkan ayat: "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak" (QS Al Kautsar: 1) beliau bertanya, "Tahukah kalian apa itu al-Kautsar?"

Para sahabat menyahut, "Allah dan Rasul-Nya lebih tahu." Beliau bersabda, "Yaitu sebuah sungai yang dijanjikan Allah kepadaku, dan di dalamnya terdapat banyak kebaikan." (HR. Muslim dalam shahihnya).

BACA JUGA:Pecinta Anabul Perlu Tahu, Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga Menurut Islam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: