Wajib Tahu, Inilah 5 Keutamaan Buah Kurma dalam Hadits dan Al-Quran, Buah Kesukaan Rasulullah SAW

Wajib Tahu, Inilah 5 Keutamaan Buah Kurma dalam Hadits dan Al-Quran, Buah Kesukaan Rasulullah SAW

Wajib tahu, inilah 5 keutamaan buah kurma dalam hadits dan al-quran, buah kesukaan Rasulullah SAW--(Sumber Foto : iStockPhoto)

Keistimewaan buah kurma juga disebutkan dalam Al Quran surat An Nahl ayat 67 :

وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Artinya: Dan dari buah kurma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.

BACA JUGA:5 Resep Jus Jeruk Ini Perlu Dicoba, Kaya Vitamin C dan Menyegarkan, Simple Tambah Nikmat Campur Kurma

3. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Keutamaan kurma lainnya adalah baik untuk dikonsumsi bagi wanita hamil seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits berikut. 

"Berikanlah kurma kepada wanita yang akan melahirkan, agar anaknya menjadi murah hati. Itu adalah makanan Maryam saat akan melahirkan Isa. Sekiranya Allah mengetahui ada yang lebih baik dari itu, tentu Dia akan telah memberikan kepadanya." (HR. Bukhari)

BACA JUGA:Masya Allah, Panen Perdana Pohon Kurma di Halaman BEMG, Sukatno: Buah Kurmanya Tanpa Biji

4. Kurma Ajwa Berasal dari Surga

Keutamaan kurma lainnya adalah salah satu jenis kurma yang bernama kurma Ajwa diyakini berasal dari surga. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW berikut :

"Kurma ajwa itu berasal dari surga, ia adalah obat dari racun." (HR. Ibnu Majah)

BACA JUGA:6 Buah Favorit Nabi Muhammad SAW, Buah Kurma Paling Disukai

5. Penangkal Racun

Keutamaan buah kurma lainnya adalah sebagai penangkal racun. Hal ini sebagaimana yang ada dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi sebagai berikut. 

"Barangsiapa di waktu pagi hari makan 7 butir kurma dari kedua Labah (yaitu batas kota sebelah Timur dan Barat), ia tidak akan kena racun hingga sore hari." (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW dan Pohon Kurma, Beliau Menangis Karena Hal Ini! Siapa Dia?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: