KPU

Bikin Haru! Ini Kisah Abu Dujanah dan Pohon Kurma, Kejujurannya Membuat Nabi Muhammad SAW Menangis

Bikin Haru! Ini Kisah Abu Dujanah dan Pohon Kurma, Kejujurannya Membuat Nabi Muhammad SAW Menangis

Ilustrasi. Kisah sahabat Nabi Muhammad SAW dan pohon kurma.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ada kisah dari salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, yang dapat menjadi pelajaran dalam hidup. Kisahnya cukup menarik untuk diketahui karena ia yang hidup penuh dengan kejujuran dapat membuat Nabi Muhammad SAW menangis karena sikapnya.

Siapakah sahabat Nabi Muhammad SAW itu? Diketahui ia adalah sahabat Nabi yang senantiasa taat kepada Allah SWT.

Sosoknya begitu terkenal sebagai seorang pemberani di medan perang, kemudian ia juga sangat peduli dan menjaga keluarganya dari sesuatu hal yang diharamkan.

BACA JUGA:Karena Hal Ini! Aisyah Istri Nabi Muhammad SAW Difitnah, Begini Kisahnya

Lantas, ada momen tak terlupakan saat para sahabat tengah berjemaah di Masjid Nabawi. Salah satu dari mereka begitu menikmati ketika Nabi Muhammad SAW menjadi imam salat, para sahabat pun beribadah dengan khusyuk.

Di zaman kenabian Nabi Muhammad SAW, ada seorang sahabat. Ia adalah orang yang saat usai salat tidak lagi membaca doa dan langsung pulang. Bahkan, beliau pun tidak juga menunggu Nabi Muhammad SAW selesai dalam berdoa kala itu.

Sehingga Nabi Muhammad SAW merasa ada yang aneh dari perlakuannya tersebut, suatu ketika Rasulullah bertanya kepada beliau yang disebut sebagai sahabat.

BACA JUGA:Keren! Dikenal Wanita Pemberani dan Kritis, Ini Kisah Ummu Salamah yang Akhirnya Jadi Istri Nabi Muhammad SAW

"Wahai Abu Dujanah, apakah engkau tidak memiliki permintaan yang perlu engkau panjatkan ke hadirat Allah sehingga engkau sering meninggalkan masjid sebelum aku selesai berdoa?"

"Ini karena ada pohon kurma yang menjuntai di pekaranganku. Pohon ini bukan milikku. Jadi aku buru-buru membersihkannya dan kurma itu aku serahkan kepada pemiliknya, yakni tetanggaku (dikenal sebagai seorang yang munafik)," jawab Abu Dujanah.

"Aku melakukannya tanpa sedikit pun diberi dan mengharapkan imbalan. Hal ini aku lakukan juga agar anak-anakku tidak memakan kurma tersebut karena kurma itu tidak halal untukku dan keluargaku."

BACA JUGA:Ini Cuplikan Kisah dan Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi, Ada Peristiwa Tak Terduga

"Tetapi, suatu ketika aku jumpai anakku sudah lebih dahulu bangun dan kulihat dia tengah memakan kurma tersebut. Oleh karena itu, aku datangi anakku dan lekas aku masukkan tanganku agar bisa mengeluarkan kurma tersebut dari mulutnya. Namun saking kencangnya, anakku menangis berlinangan air mata. Begitulah ya Rasulullah," jelas Abu Dujanah.

Sebagaimana diketahui bahwa Abu Dujanah adalah seseorang yang tidak berpunya hidup dalam kesederhanaan, sehingga anaknya sering merasa kelaparan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: