Wanita Panutan! Ini Kisah Saudah binti Zam'ah, Seorang Istri Humoris yang Setia

Wanita Panutan! Ini Kisah Saudah binti Zam'ah, Seorang Istri Humoris yang Setia

Ilustrasi. Kisah Saudah binti Zam'ah, istri Nabi Muhammad SAW yang humoris.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Salah satu istri Nabi Muhammad SAW yang juga dapat menjadi panutan dalam kehidupan yakni Saudah binti Zam'ah. Kisahnya dapat menjadi inspirasi bersama, terlebih ia dikenal sebagai wanita humoris.

Tidak seperti istri nabi yang lain, pertemuan keduanya tidak berdasarkan saling menyukai. Walau begitu, Saudah menerima Nabi Muhammad SAW saat beliau meminangnya untuk menjadi istri pertama setelah kepergian Khadijah selama satu tahun.

Menariknya, pertemuan mereka tidak begitu saja terjadi karena ada pihak ketiga yang membantunya. Sepeninggal Siti Khadijah, dalam waktu satu tahun beliau masih belum menikah lagi. Hingga saat Khaulah binti Hakim datang kepadanya, lantas menanyakan tentang kesendiriannya.

BACA JUGA:Karena Hal Ini! Aisyah Istri Nabi Muhammad SAW Difitnah, Begini Kisahnya

Aisyah ra. berkata, "Setelah Khadijah ra. meninggal dunia, Khaulah binti Hakim bin Al-Auqash, istri Utsman bin Mazh’un, berkata kepada Nabi Muhammad SAW (saat itu masih di Makkah), 

"Wahai Rasulullah, apakah engkau tidak ingin lagi?" Rasulullah SAW berbalik bertanya, "Dengan siapa?" Khaulah menjawab, "Terserah kepadamu, apakah engkau mau menikah dengan seorang gadis atau seorang janda?"

Beliau bertanya lebih jauh, "Jika gadis, siapa orangnya?" Khaulah menjawab, "Putri orang yang paling engkau cintai, Aisyah binti Abu Bakar."

BACA JUGA:Keren! Dikenal Wanita Pemberani dan Kritis, Ini Kisah Ummu Salamah yang Akhirnya Jadi Istri Nabi Muhammad SAW

Beliau bertanya lagi, "Jika janda, siapa orangnya?" Khaulah menjawab, "Saudah binti Zam'ah. la telah beriman kepadamu dan mengikuti ajaran agamamu."

Rasulullah SAW berkata, "Kalau begitu, pergilah dan sampaikan pinanganku kepada mereka berdua."

Lantas mendengar nama Saudah binti Zam'ah disebut, Nabi Muhammad SAW teringat akan perjuangan Saudah ketika meninggalkan Makkah, lalu hijrah menuju Habasyah di awal penyebaran Islam.

Kemudian, ingatan tentang kesedihan Saudah pun muncul, yang mana Saudah akhirnya kembali lagi ke Makkah namun sebagai janda, sebab suaminya Sakran bin Amar meninggal di Habasyah.

BACA JUGA:Kisah Hafshah Binti Umar Menjadi Istri Nabi Muhammad SAW, Wanita Berkepribadian Kuat dan Tegas!

Diketahui, Saudah menerima lamaran dari Nabi sehingga ia menjadi wanita pertama yang dinikahi beliau setelah sepeninggal Khadijah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: