10 Cara Merawat Mobil untuk Mudik Lebaran 2024, Salah Satunya Cek Mesin Secara Menyeluruh

10 Cara Merawat Mobil untuk Mudik Lebaran 2024, Salah Satunya Cek Mesin Secara Menyeluruh

Ilustrasi. Cara merawat mobil untuk mudik lebaran 2024.--(Sumber Foto: Web/Liputan6.com)

Cara merawat mobil sebelum digunakan mudik adalah dengan mengganti oli mesin. Seperti yang diketahui bahwa oli mesin merupakan salah satu yang memang harus di ganti secara terus menerus apalagi saat hendak melakukan perjalanan.

Hal ini penting dilakukan untuk meringankan mesin mobil selama perjalanan terlebih jika jalanan yang ditempuh memiliki kondisi yang memperihatinkan.

7. Cek Kinerja Wiper Mobil

Selain oli mesin, cek kinerja wiper mobil juga penting dilakukan karena sangat berpengaruh terhadap kemyamanan berkendara ketika hujan.

Oleh karena itu, pastikan bahwa wiper dapat bergerak dengan baik dan lancar, jika karetnya sudah jelek dan tidak dapat berkerja dengan baik maka segera ganti sebelum melakukan perjalanan.

BACA JUGA:Jangan Asal-asalan, Ini 10 Tips Merawat Mobil Mewah Kesayangan

8. Pastikan Rem Mobil Bekerja Dengan Baik

Tidak hamya itu, rem mobil juga harus di cek sebelum melakukan perjalanan mudik. Hal ini menyangkut keselamatan selama berkendara, tidak hanya supir namun juga penumpang.

Jika kondisi rem dirasa sudah tidak baik maka segera gganti karet rem agar perjalanan lebih aman.

9. Panaskan Mobil Secara Rutin Menjelang Mudik

Selain Rem, memanaskan mobil secara rutin juga merupakan perawatan yang penting dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh karena hal ini dapat mempengaruhi kondisi mesin.

Jika mobil jarang dipanaskan maka akan beresik tingg akan terjadi kendala saat dalam perjalanan seperti performa mobil menurun, atau bahaknan mogok.

BACA JUGA:Deretan Mobil Mewah Termahal di Dunia 2023, Ada yang Capai Rp400 Miliar!

10. Bersihkan Interior Mobil

Cara merawat mobil untuk mudik selanjutnya adalah dengan membersihkan interiornya. hal ini tidak kalah penting dilakukan karena jika mobil dalam keadaan kotor otomatis akan menggangu kenyamanan selama perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: