10 Cara Merawat Mobil untuk Mudik Lebaran 2024, Salah Satunya Cek Mesin Secara Menyeluruh

10 Cara Merawat Mobil untuk Mudik Lebaran 2024, Salah Satunya Cek Mesin Secara Menyeluruh

Ilustrasi. Cara merawat mobil untuk mudik lebaran 2024.--(Sumber Foto: Web/Liputan6.com)

2. Kelistrikan Harus Prima

Sebelum mudik kamu juga harus memastikan bahwa kelistrikan dalam keadaan yang prima. Hal ini sangat berfungsi untuk mendukung kinerja mobil.

Diketahui, kelistrikan sangat mempengaruhi kondisi mobil saat digunakan karena berperan penting bagi kondisi lampu mobil, sistem entertainment, hingga sistem starter.

Jika kondisi kelistrikan tidak prima maka penggunaan mobil tidak dapat maksimal. Sebagai contoh, saat dalam perjalanan mudik di malam hari dan kondisi kelistrikan tidak baik maka dapat menyebabkan lamu mobil buram yang bisa membahayakan pengendara.

3. Cek Air Radiator Mobil Supaya Tidak Overheat di Jalan

Cara merawat mobil untuk mudik lebaran selanjutnya adalah dengan mengecek air radiator. Hal ini penting diperhatikan karena dapat mempengaruhi kondisi mesin, dalam perjalanan jauh jika air radiator mobil habis maka bisa menyebabkan mobil mogok.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Mobil Paling Murah Maret 2024, Cocok untuk Mudik Lebaran Bareng keluarga, Cuma Rp100 Jutaan

4. Periksa Bagian Kaki-Kaki

Selain air radiator memeriksa bagian kaki-kaki mobil juga penting dilakukan. Hal ini karena bagian tersebut dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan selama berkendara.

Tidak hanya itu, jika terjadi masalah di bagian kaki-kaki mobil terkhusus pada bagian bearing akan besar kemungkinan perjalanan mudikmu tidak dapat dilanjutkan sebelum masalah tersebut teratasi.

5. Cek Ban Mobil

Cara merawat mobil untuk mudik lebaran selanjutnya adalah dengan mengecek ban mobil. Bagian ini merupakan salah satu aspek terpenting juga karena jika mobil tidak memiliki ban otomatis tidak dapat melakukan perjalanan.

Hal yang perlu diperhatikan dari ban mobil adalah permukaannya, jika sudah gundul maka segera ganti sebelum melakukan perjalanan mudik.

BACA JUGA:Siap Mudik dengan 3 Rekomendasi Mobil Avanza Ini, Perjalanan Jadi Aman dan Nyaman

6. Lakukan Penggantian Oli Mesin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: