Cukup Kerjakan 4 Amalan Ini di Malam Nuzulul Quran, Insya Allah Keberkahan Menghampiri

Cukup Kerjakan 4 Amalan Ini di Malam Nuzulul Quran, Insya Allah Keberkahan Menghampiri

Ilustrasi. Amalan yang dapat dikerjakan di malam Nuzulul Quran.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Sehingga bila Anda merasa lebih tentram saat membaca Al-Qur'an, hal tersebut menjadi salah satu kebaikan terlebih untuk diri sendiri. 

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu! Ini 5 Manfaat Tadarus Al Quran Saat Puasa Ramadan, Insya Allah Hidup Makin Berkah

2. Melaksanakan salat malam

Selain membaca kitab suci, amalan lain yang dapat Anda lakukan di malam Nuzulul Qur'an adalah dengan melaksanakan salat malam. Salat malam yang dimaksud adalah salat tahajud, ya ibadah tersebut dapat Anda kerjakan sebagai memperingati Nuzulul Qur'an.

Namun, untuk dapat mengerjakan salat malam ini, orang tersebut dapat mengerjakan salat tarawih lebih dulu dan dapat beranjak tidur. Sebelum melakukan shalat tahajud, seseorang harus mengerjakan shalat tarawih terlebih dahulu dan pergi tidur.

Barulah setelah bangun tidur, seseorang bisa mengerjakan shalat tahajud. Kemudian bisa melakukan salat tahajud sebelum sahur, dan tidak lupa menutupnya dengan salat witir dengan jumlah rakaat ganjil.

BACA JUGA:Ada 5 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi, Amalan Ini Diabadikan dalam Al Quran, Yuk Baca!

3. Iktikaf  

Amalan lainnya, ada Iktikaf dalam Nuzulul Qur’an dan dapat dijalankan sesuai dengan niat seseorang tersebut. Seperti yang diketahui bahwa Iktikaf sendiri adalah suatu sikap berdiam diri atau menetap, yang mana menjadi sarana melakukan introspeksi di dalam masjid saja.

Niat yang dilakukan, dikembalikan lagi hanya karen Allah. Pada intinya semua niat dikembalikan hanya karena Allah SWT. Ibadah iktikaf seringkali dijalankan oleh Rasulullah SAW pada 10 hari terakhir di bulan suci ramadhan.

Anda bisa melakukannya, sebaiknya Anda dapat meniru perbuatan baik yang telah dicontohkan Rasulullah shalallahu 'alahi wa sallam. Lakukan iktikaf secara baik dan niatkan ikhlas karena Allah Ta'ala semata.

BACA JUGA:Ini 10 Gambaran Surga Menurut Al Quran dan Hadits, Indah dan Penuh Kenikmatan Tak Terbatas

Iktikaf punya beberapa manfaat yang cukup bagus bagi masing-masing orang yang menjalankannya. Manfaat iktikaf bisa mendatangkan ketenangan, ketentraman maupun cahaya dari dalam hati, mendatangkan banyak kebaikan dari Allah SWT, mendapatkan rahmat dari Allah SWT dan sebagainya. 

4. Doa Nuzulul Quran  

Kemudiaan, melantunkan doa khusus di malam Nuzulul Qur’an. Dengan amalan dalam Nuzulul Qur’an diketahui juga memang banyak macamnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: