dempo

Kamu Perlu Tahu! Ini 7 Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan, Cek Kandungannya di Sini

Kamu Perlu Tahu! Ini 7 Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan, Cek Kandungannya di Sini

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan sayur kangkung yang baik untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Walaupun kaya akan berbagai nutrisi penting, kangkung atau bayam air ini juga merupakan jenis sayuran rendah kalori. Dapat dibuktikan dengan cara sebelum dimasak, secangkir daun bayam air hanya memiliki kandungan sekitar 28 kalori.

Namun, kamu jangan salah mengira bahwa ada kandungan nutrisi lain seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin, hingga mineral, turut memberikan nutrisi pada sayur kangkung. Bukan hanya rasanya saja yang enak, ada banyak manfaat kangkung atau bayam air bisa kamu peroleh secara rutin menyantapnya, yakni:

BACA JUGA:Punya Segudang Khasiat, Inilah 5 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan, Salah Satunya Jaga Kecantikan Wajah

1. Antiradang

Sayur kangkung memiliki khasiat antiradang cukup mujarab. Peradangan tersebut biasanya ditandai oleh adanya gejala seperti nyeri dan pembengkakan.

Tak hanya itu, kangkung ampuh dalam melawan peradangan yang disebabkan dari infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis. Bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan penyakit MRSA, bintitan, serta keracunan makanan.

2. Mengatasi anemia

Selain menjaga atau melindungi cairan dan elektrolit, mineral yang terksndung dalam sayur kangkung ini juga bisa membantu mengatasi gejala anemia. Lantaran bayam air atau kangkung mengandung zat besi dan fosfor.

BACA JUGA:10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Nomor 6 Belum Banyak yang Tahu, Yuk Cek

Zat besi sendiri sangat ampuh dalam peningkatan produksi sel darah merah (hemoglobin). Sel darah merah ini diperlukan sebagai pengangkut oksigen ke seluruh sel dan juga organ tubuh, misal jantung dan otak.

3. Menjaga kesehatan pada mata

Kangkung yang kaya akan kandungan terutama vitamin A baik bagi menjaga kesehatan mata. Untuk itu, vitamin A dapat melindungi kornea serta lapisan mata dari infeksi bakteri dan juga virus. Dapat meningkatkan produksi cairan yang berguna untuk mencegah mata kering.

4. Mencegah diabetes

Pada 2013, para peneliti berhasil menemukan khasiat dari rutin makan bayam air ini. sesui keterangan untuk mencegah diabetes pada ibu hamil dan bayinya tersebut, masih dilakukan oleh tikus percobaan.

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu, Inilah 5 Manfaat Kolagen untuk Tubuh, Salah Satunya dapat Mengencangkan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: