Mengenal Wanita Pertama yang Mati Syahid, Kisahnya Menguras Air Mata, Cek di Sini!

Mengenal Wanita Pertama yang Mati Syahid, Kisahnya Menguras Air Mata, Cek di Sini!

Ilustrasi. Ini wanita yang pertama kali mati syahid, kisahnya menguras air mata.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BACA JUGA:Penuh Keberkahan, Ini 9 Keutamaan Hari Jumat bagi Umat Islam, Waktu Istimewa Perbanyak Ibadah

Keluarga mereka pun dihukum dengan siksaan yang amat pedih, bahkan dipaksan untuk keluar dari Islam. Berbagai siksaan datang kepada mereka, hingga dibawalah ke gurun pasir di kala matahari begitulah teriknya dan cukup menyengat serta ditaburkan di atas tubuh itu pasir.

Bahkan, disediakan batu besar untuk diletakkan di atas dada Sumayyah, beliau mengabaikan hal itu dan tetap pada pendiriannya dalam memeluk Islam, sekalipun harus menerima siksaan.

Tidak ada satupun rintihan atau keluhan dari mereka, termasuk Sumayyah, selain terdengar ucapan 'Ahad... Ahad...'.  Diulang-ulang ucapan itu saat mereka disiksa dengan sangat keji.

BACA JUGA:6 Makhluk Mitologi dalam Islam, Salah Satunya Jadi Kendaraan Nabi Muhammad SAW Saat Isra Miraj

Hingga suatu hari Rasulullah SAW menyaksikan keluarga Sumayyah sedang disiksa dengan sangat kejam. Rasulullah SAW berdoa: 

"Bersabarlah wahai kelurga Yasir karena sesungguhnya tempat kembali kalian adalah surga." Diriwayatkan Al-Hakim dalam Al-Mustadrak bab Mengenal Sahabat (III/383).

Lantas Sumayyah pun mendengar seruan Nabi Muhammad SAW, bertambah tegarlah beliau dan optimis dalam keimanannya.

BACA JUGA:Jadi Teladan Umat Islam Seluruh Dunia, Berikut 5 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW, Yuk Ikuti!

"Aku bersaksi bahwa engkau adalah Rasulullah dan aku bersaksi bahwa janjimu adalah benar."

Hal tersebut diucapkan secara berulang dan dengan lantang diungkapkan. Inilah Sumayyah yang telah mencicipi manisnya sebuah keimanan, beliau meninggal ketika tengah memperjuangkan akidah.

Hatinya telah terisi penuh dengan keagungan Allah, hingga ia anggap segala siksaan yang datang padanya bukan apa-apa. Singkat cerita, saat orang-orang kafir sudah putus asa dalam menggoyahkan keimanan Sumayyah dari agama Islam.

Lalu, musuh Allah yakni Abu Jahal pun melampiaskan dengan menusukkan sangkur digenggamannya pada Sumayyah. Hingga nyawanya tak lagi tertolong, sebagai orang suci lagi beriman.

 BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi, Abu Dzar si Paling Miskin tapi Hidup Bahagia, Bikin Kagum Ternyata Karena Ini Masuk Islam!

Dialah wanita pertama yang mati syahid dalam Islam. Beliau tetap teguh pendirian, hingga keberanian dan keimanannya dapat dijadikan teladan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: