Waspada! Ini yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Semangka, Salah Satunya Masalah Pencernaan

Waspada! Ini yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Semangka, Salah Satunya Masalah Pencernaan

Waspada! Ini yang akan terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi semangka, salah satunya sebabkan masalah pencernaan--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Banyak yang tidak mengetahui efek samping terlalu banyak makan semangka karena buah ini dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

BACA JUGA:Ternyata Semangka Dapat Mencegah Penuaan Dini, Cek Manfaat Lainnya Dari Buah Semangka untuk Kesehatan

Bagaimana tidak, buah yang satu ini mengandung banyak nutrisi seperti protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan juga asam folat serta mengandung beberapa jenis mineral seperti kalium dan magnesium.

Bahkan buah semangka juga mengandung senyawa fitokimia seperti likopen dan citrulline yang berfungsi sebagai antioksidan yang memiliki beragam manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

BACA JUGA:Segar dan Manis! Berikut 5 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui, Jadi Makin Suka

Namun ternyata mengonsumsi terlalu banyak buah semangka juga tidak baik untuk kesehatan. Efek samping semangka yang ditimbulkan juga beragam untuk kesehatan, seperti misalnya mengakibatkan masalah pencernaan. 

Oleh sebab itu, terdapat batasan konsumsi semangka agar tidak menimbulkan bahaya pada tubuh dan kesehatan. Seperti yang dikutip dari laman CNN, masyarakat direkomendasikan untuk mengonsumsi 30 gram semangka perhari. 

BACA JUGA:Dapat Meningkatkan Stamina Selama Puasa, Ini 10 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Wajib Ada Saat Berbuka

Mengonsumsi dalam jumlah yang lebih dari yang direkomendasikan dapat mengakibatkan dampak. dampak tersebut telah BETV rangkum dalam artikel yang dapat kamu simak di bawah ini. 

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Semangka

1. Menyebabkan Masalah Pencernaan

Efek samping terlalu banyak makan semangka yang pertama adalah menyebabkan masalah pencernaan. Saat mengonsumsi terlalu banyak semangka, perut akan terasa tidak nyaman, terasa kembung, penuh gas hingga menyebabkan diare. 

BACA JUGA:Wajib Tahu Ini! 6 Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan, Ampuh Meningkatkan Stamina hingga Menjaga Kehamilan

Hal ini lantaran buah semangka mengandung FODMAP yang tinggi, yaitu sekelompok karbohidrat rantai pendek yang tidak dapat dicerna atau diserap secara perlahan di usus kecil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: