Waspada! Ini yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Semangka, Salah Satunya Masalah Pencernaan

Waspada! Ini yang Akan Terjadi Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Semangka, Salah Satunya Masalah Pencernaan

Waspada! Ini yang akan terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi semangka, salah satunya sebabkan masalah pencernaan--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Asupan FODMAP yang tinggi ini dapat memicu gelaja yang mirip seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) dan juga GERD. 

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Dipercaya Ampuh Turunkan Peradangan, Cek Kandungannya

2. Menyebabkan Nyeri pada Ulu Hati

Makan semangka terlalu banyak juga dapat menyebabkan nyeri pada ulut hari karena kandungan likopennya yang cukup tinggi sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengiritasi lambung. 

Oleh sebab itu, di saat bersamaan zat ini juga dapat beresiko menyebabkan asam lambung naik terutama jika dikonsumsi dalam porsi besar serta ketika perut kosong. 

BACA JUGA:Jadi Simbol Palestina, Ternyata Semangka Juga Bisa Diolah Jadi Minuman Segar, Cek Resep Es Semangka Susu

3. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Mengonsumsi buah semangka berlebih juga dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah lantaran buah yang satu ini mengandung indeks glikemik (GI) yang tinggi. 

Makanan yang tergolong GI rendah berada dalam kisaran di bawah 55. Sementara makanan dengan GI sedang berkisar di antara 56-69. Semangka sendiri memiliki angka GI sekitar 72-80 sehingga masuk ke dalam buah dengan kadar indeks glikemik yang tinggi. 

BACA JUGA:Dijadikan Sebagai Simbol Perlawanan Palestina, Ternyata Semangka Baik untuk Kesehatan, Cek 5 Manfaatnya Disini

4. Mengubah Warna Kulit

Mengonsumsi buah semangka berlebihan juga ternyata dapat mengakibatkan perubahan warna pada kulit menjadi kuning-oranye dan dikenal dengan nama likopenemia. 

Likopen sendiri merupakan senyawa antioksidan dan pigmen yang bertanggung jawab atas warna merah pada semangka sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat menumpuk di lapisan luar kulit dan mengubah pigmentasi kulit. 

BACA JUGA:Jadi Simbol Palestina! Ini Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Ampuh Mengatasi Morning Sickness, Apa Itu?

5. Memicu Reaksi Alergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: