Kenyal dan Manis, Cek 5 Manfaat Bawang Hitam Ini, Dipercaya Ampuh Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kenyal dan Manis, Cek 5 Manfaat Bawang Hitam Ini, Dipercaya Ampuh Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan bawang hitam yang baik untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Selain bawang putih dan merah, ada bawang hitam yang diketahui baik untuk kesehatan. Salah satunya dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Bawang hitam adalah hasil dari proses fermentasi bawang putih segar, dengan menyimpannya pada suhu 60-70 derajat Celsius sekitar 30-40 hari.

Inilah kenapa adanya perubahan warna pada bawang putih tersebut, tentunya akan terjadi pula perubahan tekstur. Sehingga menyebabkan rasanya berbeda dari bawang putih yang segar.

BACA JUGA:Dapat Meningkatkan Daya Ingat, Cek Manfaat Lain Bawang Putih Mentah di Sini! Baik untuk Kesehatan

Belum banyak yang tahu tentang manfaat dan kandungan yang ada di dalam bawang hitam ini. Untuk lenih jelasnya dapat simak ulasan pada artikel ini.

Rasa manis dan asam serta teksturnya yang kenyal akan kamu rasakan saat mengonsumsi bawang hitam ini. Dilansir dari laman alodokter, berikut beberapa manfaatnya bagi kesehatan.

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan! Ini 7 Manfaat dan Kandungan Daun Pandan, Dipercaya Dapat Ringankan Gejala Arthritis

1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Bawang hitam dengan kandungan antioksidan di dalamnya, bisa menjaga sel-sel imunitas dari adanya kerusakan, akibat radikal bebas yang berlebih. 

Hal itu tentu saja akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Dalam sistem kekebalan yang baik, tubuhmu akan dapat melawan berbagai macam miikroorganisme penyebab penyakit secara lebih efektif.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Tubuhmu dengan Mengonsumsi Teh Hijau, Cek Manfaat Lainnya Disini

2. Menjaga kesehatan jantung

Tidak hanya bawang putih, bawang yang sudah menghitam juga punya manfaat untuk menjaga serta dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menurunkan hipertensi.

Selanjutnya, diketahui bahwa bawang hitam bisa membantu menurunkan kadar kolesterol serta lemak dalam darah, terlebih lagi mengurangi risiko menderita penyakit jantung koroner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: