Kamu Perlu Tahu! Inilah 5 Perbedaan Mobil Matic dan Manual, Salah Satunya Punya Sistem Transmisi Berbeda

Kamu Perlu Tahu! Inilah 5 Perbedaan Mobil Matic dan Manual, Salah Satunya Punya Sistem Transmisi Berbeda

Kamu perlu tahu! Inilah 5 perbedaan mobil matic dan manual, salah satunya punya sistem transmisi berbeda--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Beberapa orang mungkin bingung dan tidak mengetahui perbedaan mobil matic dan manual sehingga akan mencari tahu perbedaan keduanya sebelum membeli. 

BACA JUGA:Miliki Desain Berbeda, Ketahui 8 Perbedaan Mobil SUV dan MPV Ini Sebelum Mudik Lebaran 2024

Mengetahui perbedaan ini penting agar dapat menyesuaikan kegunaan mobil dengan kebutuhan masing-masing pengguna di jalanan lantaran setiap orang memiliki keperluan yang berbeda. 

Perbedaan mobil matic dan manual ini ikut membedakan cara kerja kedua mobil dan juga perbedaan-perbedaan lain yang dapat menjadi keunggulan atau justru kelemahan dari masing-masing tipe. 

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Keluarga Merek Hyundai untuk Mudik Lebaran 2024, Ada Apa Aja? Yuk Cek

Dalam dunia otomotif saat ini, mobil telah tersedia dalam dua jenis sistem transimsi yaitu matic atau otomatis dan juga manual. Transmisi ini sendiri merupakan sistem untuk mengubah kecepatan dan tenaga putar dari mesin mobil.

Kecepatan dan tenaga putar dari mesin ini nantinya tertuju pada roda sehingga roda dapat menggerakkan kendaraan dengan berbagai fungsi yang dimilikinya. 

BACA JUGA:Pas Untuk Dibawa Mudik Lebaran, Berikut 5 Top Mobil Avanza Bekas dengan Tawaran Harga Rp100 Juta

Transmisi otomatis atau matic sendiri dikenal juga dengan istilah A/T yang merupakan jenis transmisi dengan gigi-gigi yang bisa melakukan perpindahan secara otomatis yang disesuaikan dengan beban mesin. 

Mobil dengan transmisi matic ini tidak memerlukan kopling dan juga tuas untuk perpindahan gigi sehingga kamu cukup menggeser tuas trasmisi tanpa perlu menginjak pedal kopling.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu! Ketahui 8 Tips dan Trik Berikut Ini untuk Memilih Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Sementara untuk transmisi manual, kamu perlu menginjak kopling dan jga menggeser tuas persneling utuk melakukan transmisi manual ini. Oleh sebab itu transmisi ini bekerja berdasarkan rasio roda gigi. 

Oleh sebab itu, rasio roda gigi yang rendah akan menawarkan torsi yang besar namun dengan kecepatan rendah sementara rasio roda gigi yang tinggi dapat menawarkan torsi yang lebih kecil dengan kecepatan yang lebih tinggi. 

BACA JUGA:Wajib Cek Kondisi Oli Mobil Sebelum Mudik Lebaran 2024, Begini Caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: