Kamu Perlu Tahu! Ini 5 Manfaat dan Kandungan Daun Pisang, Baik untuk Kesehatan Kulit

Kamu Perlu Tahu! Ini 5 Manfaat dan Kandungan Daun Pisang, Baik untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi. Manfaat daun pisang untuk kesehatan kulit.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Selain buahnya, bagian daun pisang ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya dapat menyehatkan kulit dan melindunginya dari sinar ultraviolet.

Sebagaimana buah pisang cukup populer ditemukan diberbagai daerah. Bahkan daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat alas makan atau bungkus makanan.

Dikatakan daun multi fungsi, selain sebagai alas atau pembungkus daun ini dapat juga digunakan untuk kecantikan. Lantas daun pisang memiliki kandungan apa saja? simak ulasan berikut.

BACA JUGA:Jadi Sumber Mineral yang Baik untuk Tubuh, Berikut Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Umumnya daun pisang tersebut dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan atau pelapis untuk makanan. Namun ternyata tidak hanya itu saja, ekstrak daun ini memiliki khasiat dalam pengobatan daan masih banyak yang belum tahu akan hal ini.

Dilansir dari hellosehat, daun ini memiliki beberapa nutrisi seperti alpha-keto-glutaric-acid, beta-sitosterol, kalsium, karbohidrat, glutaric acid, glyceric acid, glycolic acid, glyoxlic-acid, lemak hingga serat.

BACA JUGA:Dapat Turunkan Kolesterol, Berikut 6 Manfaat Lainnya Buah Stroberi untk Kesehatan, Jangan Sampai Tidak Tahu

Tidak hanya itu, daun tersebut juga mengandung   malonic-acid, lignin, eugenol, phytol, polifenol, flavonoid, alkaloid, oxalic-acid, fosfor, anthraquinone, protein terpenoid, tanin,  saponin, cardiac glycosides, pyruvic-acid, shikimic-acid, dan succinic-acid.

Selain mengatahui kandungan, berikut ini ada beberapa manfaat daun pisang untuk kesehatan.

1. Dapat lindungi kulit dari sinar ultraviolet

Daun pisang memiliki kandungan senyawa bernama lignin, hal ini juga telah dilakukan penelitian menurut terbitan dari International Journal for Research Trends and Innovation (2018) bahwa kandungan lignin pada ekstrak daun pisang, menggunakan konsentrasi sejumlah 3 persen dapat menghambat penyerapan pada sinar ultraviolet di kulit yang diketahui setara oleh tabir surya SPF 5,3.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Cek di Sini 6 Manfaat Santan untuk Rambut, Ampuh Kurangi Kerontokan

2. Dapat turunkan risiko keracunan

Manfaat yang bisa dirasakan dari daun pisang ini salah satunya adalah bisa menurunkan risiko keracunan pada makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: