Kian Berlarut-larut, Inilah Alasan Kenapa KKB Papua Sulit untuk Diberantas, Salah Satunya Mudah Menyamar

Kian Berlarut-larut, Inilah Alasan Kenapa KKB Papua Sulit untuk Diberantas, Salah Satunya Mudah Menyamar

Kian berlarut-larut, inilah alasan kenapa KKB Papua sulit untuk diberantas, salah satunya mudah menyamar--(Sumber Foto : Doc/BETV)

Penyamaran yang dilakukan dengan berbaur bersama masyarakat lokal ini membuat polisi kesulitan untuk membedakan anggota kelompok dengan masyarakat lokal. 

BACA JUGA:Sudah Tahu? 4 Alasan Kenapa KKB Papua Sulit Diberantas, Ternyata Karena Hal Ini

2. Dilindungi oleh Oknum Tokoh Lokal

Kelompok KKB Papua ini juga sulit untuk diberantas lantaran mereka memiliki tempat berlindung yang diberikan oleh tokoh lokal sehingga mereka dapat bersembunyi di wilayah ada bahkan saat tengah dikejar oleh aparat keamanan.

Tidak hanya itu, mereka juga memperoleh dukungan logistik dari masyarakat dan juga pejabat daerah. Oleh sebab itu, aparat keamanan tidak hanya menargetkan anggota KKB namun juga warga sipil dan pejabat yang membantu dan melindungi KKB. 

BACA JUGA:Haru Iringi Pemakaman Pratu M. Fadli yang Gugur Diserang KKB Papua

3. KKB selalu Berpindah Tempat

Alasan selanjutnya yang menyebabkan kelompok ini sulit untuk diberantas adalah lantaran kelompok ini selalu bergerak dan seringkali berpindah empat serta menjadikan kawasan hutan di pegunungan Papua untuk markas kelompok mereka. 

KKB Papua tentunya lebih mengenali wilayah tersebut dibanding aparat yang menyebar. Mereka menyebar teror dan kekerasan hampir di seluruh wilayah pegunungan Papua. 

BACA JUGA:Markas KKB Sudah Diketahui, Upaya Penyelamatan Pilot Susi Air Tidak Dengan Perang, Ternyata Ini Pertimbanganya

Demikian alasan mengapa KKB Papua sulit untuk diberantas oleh aparat. Semoga pemerintah dapat segera mendapatkan jalan keluar terbaik untuk mengatasi konflik ini(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: