Antisipasi Darurat Pangan, Distan Seluma Gencar Lakukan Pendataan PAT

Antisipasi Darurat Pangan, Distan Seluma Gencar Lakukan Pendataan PAT

Kepala Dinas Pertanian Seluma Arian Sosial, Minggu 21 April 2024.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seluma gencar melakukan pendataan sejumlah lahan tadah hujan guna menambah perluasaan areal tanam (PAT).

Hal ini menindaklanjuti arahan dari Kementan untuk menambah PAT. Selain itu Kementan juga memiliki program optimalisasi lahan dan pompanisasi, yang saat ini terus dioptimalisasi pengerjaannya.

BACA JUGA:15 Desa di Kabupaten Seluma Belum Ajukan Pencairan DD, Ini Penyebabnya

Ketiga kegiatan ini merupakan solusi cepat yang harus dilakukan bersama, mengingat urgensinya dalam mengatasi darurat pangan.

Kepala Dinas Pertanian Seluma Arian Sosial mengatakan, Dirjen Tanaman Pangan Kementan telah mengecek lahan di pasar Sembayat seluas 25 hektare lahan tadah hujan untuk perluasan area tanam (PAT).

BACA JUGA:Survei MSCI: Jika Pilgub Digelar Hari Ini, Helmi Hasan Gubernur Bengkulu 2024-2029

Guna mengoptimalisasikan lahan tersebut, Distan Seluma mengusulkan bantuan pompanisasi untuk 25 hektar lahan tadah hujan.

"Saat ini kita gencar melakukan pendataan lahan tadah hujan untuk menambah perluasan areal tanam (PAT) pada awal tanam musim kedua tahun ini. Sebelumnya beberapah hari lalu lahan tadah hujan seluas 25 hektar telah disurvei, sehingga ini kita akan optimalkan dengan mengusulkan bantuan pompanisasi," ujarnya, Minggu 21 April 2024.

BACA JUGA:Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Kota Bengkulu Terendam Banjir

Lanjut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, untuk lahan seluas 25 hektar tersebut dikelola oleh dua kelompok tani. Agar lahan bisa dolah, maka diusulkan bantuan pompa air ke Kementan. 

"Nantinya lahan tersebut dikelola oleh dua kelompok kami usulkan bantuan mesin pompa air. Sehingga bisa mengairi sawah seluas 25 hektar tersebut," tegasnya. 

BACA JUGA:Program BPJS Kesehatan Gratis Pemkot Bengkulu Terus Berlanjut, 29.552 Jiwa Sudah Tercover

Mengingat saat ini Dinas Pertanian bersama dengan Kodim 0425 Seluma juga tengah melakukan pendataan dengan multipihak, demi percepatan realisasi program pompanisasi perluasan area tanam lahan tadah hujan. Untuk selanjutnya diusulkan ke Kementan agar mendapatkan bantuan pompa air. 

Ia juga mengajak semua pihak termasuk masyarakat, agar dapat melakukan langkah-langkah strategis untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: