6 Cara Cegah Penyakit Malaria, Tidur Menggunakan Kelambu hingga Hindari Keluar saat Petang

6 Cara Cegah Penyakit Malaria, Tidur Menggunakan Kelambu hingga Hindari Keluar saat Petang

Ilustrasi. Cara mencegah penyakit malaria yang perlu diketahi.--Sumber foto: (Wab/klikdokter.com)

BETVNEWS - Penting untuk mengetahui cara mencegah penyakit malaria agar terhindar dari berbagai permasalahan kesehatan, salah satunya dengan tidur menggunakan kelambu.

Sebagai informasi, malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit plasomodium dari gigitan nyamuk Anopheles. Adapun gejala yang ditimbulkan adalah demam tinggi, menggingil gangguan pencernaan, nyeri otot, hingga detak jantung meningkat.

Jika tidak ditangani dengan cepat, penyakit malaria bisa saja mengancam nyawa. Oleh karena itu kamu harus tahu cara mencegah penyakit malaria agar tubuh lebih sehat dan terhindar dari serangan penyakit ini.

BACA JUGA:Banyak Digemari, Ternyata Ini Manfaat Keju Cheddar untuk Kesehatan, Salah Satunya Perkuat Tulang

Seperti yang disampaikan sebelumnya, salah satu cara mencegah penyakit malaria adalah dengan tidur menggunakan kelambu. Dengan begitu nyamuk malaria tidak dapat menggigit ketika kamu sedang tertidur.

Nyamuk malaria sangat menyukai air bersih yang tidak terkontaminasi oleh polusi seperti genangan air, sungai, hutan mangrove, air sisa hujan dan lainnya.

Selain itu, menggunakan pakaian tertutup juga bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan terkena penyakit malaria. Dengan menggunakan pakaian tertutup, nyamuk Anopheles tidak dapat menggigit.

Melansir dari lipunan6.com, berikut cara mencegah penyakit malaria yang perlu diketahui:

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Apel untuk Wajah, Cerahkan hingga Kencangkan Kulit, Auto Awet Muda

1. Tidur menggunakan kelambu

Cara mencegah penyakit malaria yang pertama adalah dengan mengunakan kelambu ketika tidur. Dengan begitu nyamuk tidak dapat menggigit ketika kamu sedang tertidur atau saat berada di dalamnya.

Hal ini sangat penting dilakukan apalagi jika kamu tinggal di daerah yang lembap dan banyak pepohonan gunung, hutan, atau daerah lembap lainnya.

2. Menggunakan pakaian tertutup

Cara mencegah penyakit malaria selanjutnya adalah dengan menggunakan pakaian tertutup. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa nyamuk malaria atau Anopheles menularkan parasit melalui gigitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: