Bakamla RI Bakal Bangun Pangkalan di Provinsi Bengkulu, Ini Kata Laksamana Madya Irvansyah

Bakamla RI Bakal Bangun Pangkalan di Provinsi Bengkulu, Ini Kata Laksamana Madya Irvansyah

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Dr. Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr.Oplsa.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI bakal bangun pangkalan di Provinsi BENGKULU. Hal ini dalam rangka memberikan Keamanan Laut Provinsi BENGKULU yang memiliki panjang kawasan pesisir 540 kilometer dari perbatasan Lampung-Sumatera Barat.

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Dr. Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr.Oplsa menyampaikan, untuk menjaga keamanan wilayah laut Provinsi Bengkulu yang merupakan bagian dari wilayah pesisir barat Sumatera Bakamla, RI bakal bangun pangkalan di Bengkulu.

BACA JUGA:Berhadiah Jutaan Rupiah, KPU Seluma Gelar Lomba Desain Maskot Pemilihan Bupati dan Wabup 2024

"Kami sudah bersurat dengan Walikota Bengkulu dan Gubernur Bengkulu untuk menyediakan lahan pembangunan pangkalan Bakamla RI di Bengkulu," kata Laksamana Madya Irvansyah saat mengisi orasi ilmiah pada puncak Dies Natalis Ke-42 Universitas Bengkulu (Unib), Rabu 24 April 2024.

BACA JUGA:Wujudkan Seluma Berbudaya, Pemkab Segera Usulkan Perda Penyediaan Baju Adat

Ia berharap pemerintah daerah menyediakan lahan yang strategis untuk pembangunan pangkalan Bakamla RI di Provinsi Bengkulu. Bahkan jika tahun 2024 lahan tersebut bisa disedikan, maka akan segera dibangun.

"Mudah-mudahan kalau tahun 2024 lahan telah tersedia kita usahakan segera dibangun," ungkap Laksamana Madya Irvansyah yang juga putra Bengkulu. 

BACA JUGA:Diduga Terlibat Kasus Pengancaman, 3 Pria di Kota Bengkulu Diamankan Polisi

Ia mengatakan, saat ini baru ada 15 pangkalan Bakamla RI yang tersebar tidak di Provinsi se Indonesia. Kedepan akan dibangun sebanyak 35 pangkalan sehingga diharapkan Provinsi Bengkulu salah satunya.

"Tidak semua provinsi dibangun, saat ini baru 15 pangkalan. Kedepan akan kita  bangun total 35 pengakalan Bakamla RI di seluruh Indonesia," ujarnya.

BACA JUGA:Realisasi PAD dari Retribusi Sampah di Kota Bengkulu Capai Rp250 Juta Lebih

Bakamla RI kedepan akan membentuk nasional maritime security system yang bisa membantu wilayah laut melalui 35 stasiun pengakalan Bakamla.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri mengatakan, Pemerintah Provinsi Bengkulu pada prinsipnya memberikan dukungan dan siap memfasilitasi pembangunan pangkalan Bakamla RI di Provinsi Bengkulu terutama menyediakan lahan. 

BACA JUGA:Pendaftaran Gratis, KPU Kota Bengkulu Gelar Lomba Cipta Maskot Pilkada Berhadiah Jutaan Rupiah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: