Alhamdulillah, 5 Ciri Ini Disebut Sebagai Orang Pandai Bersyukur, Kamu Salah Satunya?

Alhamdulillah, 5 Ciri Ini Disebut Sebagai Orang Pandai Bersyukur, Kamu Salah Satunya?

Ilustrasi. Ini beberapa ciri orang yang pandai bersyukur dalam hidup.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BACA JUGA:Bukti Kamu Sudah Mencintai Diri Sendiri, Cek 7 Tanda Ini! Salah Satunya Tetap Bersyukur

Tidak merasa hartanya akan berkurang, ia akan tetap berbagi dan meniatkan semua itu demi kebaikan khususnya untuk dirinya sendiri. Dengan rasa syukur inilah, dapat membuat seseorang untuk berbuat baik kepada orang lain.

Bersedekah ini pun memberikan dampak baik bagi kehidupan. Memahami bahwa rezeki yang ada merupakan titipan, sehingga perlu memanfaatkan hal tersebut untuk mengumpulkan banyak kebaikan. Allah berfirman dalam surah Al-Ankabut ayat 60:

"Dan berapa banyak makhluk bergerak yang bernyawa yang tidak mampu membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan juga kepadamu. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

BACA JUGA:Anti Remaja Jompo! Terapkan 5 Tips Hidup Sehat untuk Anak Muda Ini Sejak Dini Sebagai Investasi Kesehatan

3. Tidak mudah iri maupun sombong

Dalam hal ini seseorang sudah meyakinkan dirinya untuk tidak merasa iri, maupun sombong dalam segala hal yang terjadi dalam hidup. Bahwa rezeki yang dimiliki hanyalah sebatas titipan dari-Nya, dan tidak perlu merasa sombong ketika mendapat penghasilan yang berlebih.

Kemudian, ia tidak juga merasa iri dan dengki terhadap orang lain yang memiliki rezeki yang banyak dari Allah. Sebagaimana Allah berfirman dalam surah An Nisa ayat 23 yang artinya:

"Dan janganlah kamu iri hati dan dengki (hasud) terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain. Kemudian diterangkan juga dalam hadits, yang artinya: "Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya sifat ini mengikis pahala-pahala seperti api yang memakan kayu." (HR. Abu Daud).

BACA JUGA:Bukan Hanya Tidur Aja, Ini 7 Jenis Kebutuhan Istirahat dalam Hidup, Kamu Wajib Tahu!

Selanjutnya sifat iri hati dan dengki merupakan penyakit, disebutkan dalam hadits berikut:

"Penyakit umat-umat sebelum kalian telah menyerang kalian adalah dengki dan benci. Benci adalah pemotong; pemotong agama dan bukan pemotong rambut. Demi dzat yang jiwa Nabi Muhammad berada di tangan-Nya, kalian tidak beriman hingga kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang jika kalian kerjakan maka kalian saling mencintai? Sebarkanlah salam diantara kalian." (HR. Tirmidzi)

BACA JUGA:Kamu yang Mana? Ini 5 Jenis Love Language dalam Hidup, Salah Satunya Act of Service

4. Sering mengucapkan syukur

Bersyukurnya seseorang yakni tidak berhenti untuk selalu mengucapkan syukur kepada-Nya dan memuji Allah. Misalnya dengan mengucapkan 'Alhamdulillah', rasa syukur tersebut dapat meningkatkan kenyamanan dalam menyebutkan nama-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: