Jangan Berlebihan! Ini 5 Dampak Kelebihan Vitamin C bagi Tubuh, Salah Satunya Memicu Batu Ginjal

Jangan Berlebihan! Ini 5 Dampak Kelebihan Vitamin C bagi Tubuh, Salah Satunya Memicu Batu Ginjal

Jangan berlebihan! Ini 5 dampak kelebihan vitamin C bagi tubuh, salah satunya memicu batu ginjal--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Hal ini lantaran vitamin c yang berlebihan atau overdosis vitamin C dapat mengakibatkan penyerapan beberapa vitamin dan mineral lainnya menjadi terhambat sehingga dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dari vitamin dan mineral lainnya. 

BACA JUGA:Konsumsi Yuk! Buah dan Sayuran Ini Punya Kandungan Vitamin C, Sehat Untuk Jantung

5. Kelebihan Zat Besi

Kadar vitamin C yang terlalu banyak di dalam tubuh juga dapat menyebabkan kelebihan zat besi lantaran vitamin yang satu ini dikenal memiliki peran yang sangat penting dalam penyerapan zat besi. 

Oleh sebab itu, jika tubuh mendapatkan asupan vitamin c yang berlebihan akan menyebabkan tubuh menyerap zat besi lebih banyak dan dapat melebihi batas yang diperlukan. 

Jika hal ini sampai terjadi, maka kelebihan zat tubuh ini dapat menyebabkan teradinya hemokromatosis atau penumpukan zat besi yang pada akhirnya dapat memicu gangguan pada jantung, hati, pankreas, kelenjar tiroid hingga sistem saraf pusat. 

BACA JUGA:Beberapa Buah dan Sayur Ini Mengandung Vitamin C, Baik untuk Kesehatan

Demikian 5 dampak tubuh kelebihan vitamin C yang tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan. Oleh sebab itu, pastikan untuk tetap mengonsumsi vitamin C ini sesuai dosis, ya! Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: