dempo

Rugikan Indonesia, Ini 3 Keputusan Kontroversial Wasit Francois Letexier dalam Playoff Indonesia vs Guinea

Rugikan Indonesia, Ini 3 Keputusan Kontroversial Wasit Francois Letexier dalam Playoff Indonesia vs Guinea

Rugikan Indonesia, ini 3 keputusan kontroversial wasit Francois Letexier dalam playoff Indonesia vs Guinea--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Kontroversi Wasit dalam Pertandingan Indonesia VS Guinea

1. Pelanggaran Witan Sulaeman

Kontroversi yang pertama datang pada menit ke-27 dimana wasit Francois Ltexier memberikan hadiah penalti pada Guinea setelah terdapat dugaan pelanggaran akibat Witan Sulaeman. 

Witan dianggap menatuhkan salah satu pemain Guinea di kotak terlarang. Keputusan wasit memberi hadiah ini menuai kontroversi lantaran di dalam siaran ulang terlihat jelas jika pelanggaran tersebut terjadi di luar kotak penalti. 

BACA JUGA:Balik ke Klub, Justin Hubner Absen di Play Off Olimpiade Paris 2024 Bersama Timnas Indonesia U- 23

Siaran ulang tersebut bahkan menunjukkan jika Witas Sulaeman tidak melakukan pelanggaran tersebut, namun keputusan wasit tidak dapat diganggu gugat. 

Hadiah penalti yang diberikan oleh wasit tersebut berhasil membawa tim Guinea pada gol pertama menuju ke gawang Ernando Ari pada menit ke-29 oleh Ilaix Moriba. 

BACA JUGA:Profil Shin Tae Yong, Pelatih Timnas Indonesia U-23 yang Berhasil Bawa Garuda Muda ke Piala Asia 2024

2. Penalti Kedua Guinea U-23

Seolah tidak cukup hanya dengan memberikan hadiah penalti pertama, wasit Francois Letexier kembali memberikan hadiah penalti kedua pada tim Guinea. 

Pemberian penalti kali ini disebabkan oleh adanya pelanggaran yang dilakukan Alfreanda Dewangga di kotak terlarang setelah melanggar Algassime Bah. 

BACA JUGA:Negara dengan Kartu Merah Terbanyak! Ini 5 Rekor Buruk Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia 2024

Namun melalui siaran ulang, terlihat jika tekel yang dilakukan oleh Dewangga sangat bersih dan mengarah langsung pada bola sehingga tentunya keputusan Francois menuai kritik. 

Meski demikian, wasit asal Prancis tersebut tetap memutuskan tendangan di titik putih. Namun kali ini Algassime Bah yang mengambil alih tendangan penalti tersebut gagal membobol gawang Timnas sehingga skor tetap berada pada 0-1. 

BACA JUGA:Bikin Terharu! Ini 8 Sejarah Baru yang Berhasil Dicetak Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: