Bisnis Beretika: Tetap Menjaga Bumi Secara Berkelanjutan, Emang bisa?
Selsi Yunita Sari, Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Bengkulu.--(Sumber Foto: Opini/BETV)
BETVNEWS - Di era modern yang serba dinamis ini, banyak orang bertanya-tanya, Bisakah kita mendapatkan profit yang besar tanpa mengorbankan etika dan kelestarian lingkungan?
Atau malah ketika kita menjaga etika dan lingkungan, kita akan rugi? Banyak kok usaha yang tetap berjalan dan mendapatkan profit, sambil menjaga lingkungan agar tetap berkelanjutan (Sustainability). Simak penjelasan berikut..!
Membangun bisnis seperti mengarungi samudra luas, penuh dengan ombak peluang dan badai tantangan. Di tengah petualangan ini, etika bisnis bagaikan kompas yang menuntun kita menuju kesuksesan berkelanjutan.
BACA JUGA:Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Prospek Pekerjaan di Indonesia
Bukan sekadar buku tebal sebagai pedoman tetapi etika bisnis adalah filosofi yang menjiwai setiap langkah, mengantarkan kita menuju pantai kejayaan.
Ketika kita membuka bisnis tujuan utama kita yaitu untuk mencari profit. Tetapi ada hal yang harus diperhatikan yaitu lingkungan dan keberlanjutan (sustainability).
Tetapi kita juga harus memperhatikan lingkungan sekitar. Etika bisnis bertujuan untuk memberikan dorongan bagi kesadaran moral dan memberikan batasan bagi para pengusaha atau pebisnis untuk dapat menjalankan bisnis secara jujur dan adil.
Bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki etika serta bertanggung jawab (CSR) terhadap bumi. karena, kerusakan bumi sudah sangat sering terjadi akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.
BACA JUGA:Kemiskinan di Tanah yang Subur: Mengapa Indonesia Masih Bergulat dengan Kesenjangan Ekonomi?
Di tengah hiruk pikuk dunia industri, banyak anggapan bahwa mengejar keuntungan besar harus mengorbankan kelestarian lingkungan dan etika bisnis.
Namun, anggapan tersebut di bantah oleh beberapa pabrik terkenal yang membuktikan bahwa profit yang besar, tetap menjaga lingkungan, dan beretika bisa berjalan bersama.
Seperti yang kita ketahui PT Unilever yang ada di Indonesia yang merupakan industri terbesar produk rumah tangga dan perawatan pribadi, terkenal dengan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan.
Unilever telah menetapkan target ambisius untuk mengurangi emisi karbon, meningkatkan penggunaan bahan baku ramah lingkungan, dan mendorong gaya hidup berkelanjutan bagi konsumennya.
BACA JUGA:Indonesia Emas 2045: Nyata Atau Khayalan Belaka?
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: